Kepala Bapenda Makassar, Firman Hamid Pagarra/Int

Pacu Penerimaan Pajak, Bapenda Makassar Targetkan PAD Rp1,3 Triliun untuk Tahun 2022

Kamis, 27 Oktober 2022 | 21:39 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar tengah berpacu dalam penerimaan pajak. Pihaknya optimis bisa mencapai target Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp1,3 Triliun.

Optimistis dari Bapenda Makassar itu seiring realisasi PAD yang sudah mencapai Rp950 Miliar. Data itu dirangkum per 21 Oktober 2022.

Kepala Bapenda Makassar, Firman Hamid Pagarra mengatakan dengan capaian sekarang ini, ia optimistis bisa mencapai target Rp1,3 triliun hingga akhir tahun. “Sekarang realisasi 70 persen atau Rp950 miliar dari target Rp1,3 triliun,” katanya, Rabu (26/10/2022).

Sejauh ini, sumber pajak yang memberi kontribusi banyak terhadap PAD antara lain Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Selanjutnya pungutan atas perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB), dan pajak hotel.

Firman menambahkan, masih ada siswa waktu kurang lebih 2,5 bulan menggenjot pendapatan. Ada beberapa sumber pajak masih perlu dimaksimalkan, satu diantaranya pajak hiburan.

“Mudah-mudahan 2,5 bulan ini upaya intensifikasi dan ekstensifikasi pajak bisa dilaksanakan dengan baik,” tukas Firman.(*)


BACA JUGA