Libatkan Siswa, Politeknik Bosowa Gelar Pameran Kuliner Khas Indonesia

Senin, 19 Desember 2022 | 16:57 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Program studi Perhotelan Politeknik Bosowa (Poltekbos) menggelar Talkshow and Gastronomy Archipelago Exhibition serta Jelajah Program Studi. Bertempat di Aula Poltekbos, Senin (19/12/2022).

Kegiatan ini diikuti oleh siswa SMA/SMK/MA kelas XII se-Kota Makassar. Diantaranya, SMK Darussalam, SMK Laniang, SMK Techno, SMAN 15, SMAN 6, SMA Bosowa School Makassar dan MAN 3 Makassar.

pt-vale-indonesia

Tema yang diusung adalah Discover Your Passion Vocational Education. Dan dibawakan langsung oleh Room Division Manager Novotel Makassar Grand Shayla, Ivonne Tumbelaka.

Talkshow bertujuan menginspirasi siswa untuk menemukan passion di dalam diri. Sekaligus memperkenalkan bentuk pendidikan vokasi yang mampu membentuk karakter keterampilan lulusan.

Sedangkan Gastronomy Archipelago Exhibition merupakan pameran yang memperlihatkan hasil karya mahasiswa. Serta membangun rasa cinta dan bangga kepada tanah air Indonesia melalui keberagaman kuliner.

Kepala Program Studi Perhotelan, Anggun Sari Sasmita memaparkan kegiatan ini merupakan bagian dari Project Based Learning. Di mana menggabungkan mata kuliah di prodi Perhotelan.

“Jadi kita menggabungkan beberapa mata kuliah seperti Gastronomy & Indonesia Culinary, Restaurant Service, Food Product, Pastry & Bakery, Housekeeping untuk semester 1 dan Event Management, Entrepreneur untuk semester 3,” papar Anggun.

Seluruh kegiatan disusun dengan seksama. Baik pemilihan tema talkshow yang disesuaikan dengan generasi muda serta rangkaian pameran yang menghadirkan kuliner tradisional dari berbagai pulau di Indonesia dan dikemas dengan gaya modern.

Tak hanya itu saja, prodi Perhotelan juga berkolaborasi dengan sejumlah prodi. Ialah Perawatan dan Perbaikan Mesin, Teknik Mekatronika, Teknik Listrik dan Perpajakan untuk hasil karya mahasiswa.

Antusiasme peserta terlihat dari banyaknya pertanyaan kepada pemateri. Juga hadirnya Jelajah Prodi menambah pengalaman tentang pendidikan vokasi.

Lebih lanjut, siswa-siswi turut mengunjungi Gastronomy Culinary Exhibition dari berbagai pulau. Diantaranya, Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Lombok, Maluku hingga Papua.

Di akhir acara, Novotel Makassar Grand Shayla dan Poltekbos memberikan sejumlah hadiah hingga beasiswa sebesar Rp5 juta bagi siswa-siswi yang beruntung.

Anggun mengatakan ia mendukung dan mengakomodir kegiatan positif ini. Sehingga, output dari mata kuliah yang diberikan dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa baik secara soft skill maupun hard skill.

“Kami berharap Poltekbos terus berkarya untuk mendidik dan menemukan passion generasi muda sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas, kompeten dan berdaya saing global,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA