ilustrasi cuaca ekstrem/sumber: internet

Terus Dilanda Cuaca Ekstrem, Makassar Siaga Bencana

Sabtu, 24 Desember 2022 | 15:19 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Kota Makassar menjadi salah satu wilayah yang dilanda cuaca ekstrem. Peringatan dini bahkan telah dikeluarkan BMKG Wilayah IV Makassar sejak 23 Desember 2022 kemarin.

Makassar hingga kini masih dilanda cuaca buruk. Menurut BMKG, hujan intensitas sedang dan tinggi disertai angin kencang diprediksi akan terus berlangsung sampai Minggu (25/12/2022).

pt-vale-indonesia

Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar terus bersiaga. Pasalnya, banjir kerap kali melanda sejumlah kecamatan akibat hujan terus menerus, seperti Biringkanaya dan Manggala.

Sebelumnya, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto telah menginstruksikan kepada seluruh SKPD untuk siap siaga banjir. Ia meminta mereka segera merespon keluhan dan bencana yang terjadi.

“Siaga banjir karena tepat di waktu pasang tertinggi terjadi hujan lebat melanda kota makassar, semua SKPD dan semua perangkat terkait segera bersiaga, dan selalu berdoa agar musibah ini tidak terjadi,” ujar Danny.

Hal itu kini telah diperlihatkan oleh beberapa SKPD dan pemerintah kecamatan. Seperti Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang terus memantau pohon tumbang dan melakukan penanganan, dan BPBD mengevakuasi warga yang terdampak banjir.

Untuk menghindari kecelakaan, Danny juga mengimbau kepada masyaraka agar menghindari pohon-pohon besar, dan besi-besi, listrik. Juga menjaga anak-anak terhadap arus air.

“Itu juga, jangan sembarang buang sampah karena dapat menurunkan kinerja drainase,” pesannya. (*)


BACA JUGA