Rumah Singgah Diresmikan oleh Dompet Dhuafa Sulsel bersama Bank Syariah Indonesia and Bangun Sejahtera Indonesia Maslahat (BSI Maslahat)

Dompet Dhuafa Sulsel dan BSI Maslahat Resmikan Kerjasama Program Rumah Singgah Pasien

Jumat, 10 Maret 2023 | 21:43 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Dompet Dhuafa Sulsel bersama Bank Syariah Indonesia dan Bangun Sejahtera Indonesia Maslahat (BSI Maslahat) meresmikan kerjasama Program Rumah Singgah Pasien Shelter Harapan pada Jumat (10/03/2023).

Kehadiran rumah singgah ini membantu para pasien fakir, miskin dan dhuafa dalam fasilitas tempat tinggal sementara saat berobat di rumah sakit rujukan di Kota Makassar.

pt-vale-indonesia

Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Sulsel, Rahmat Hidayat HM menyampaikan, program Rumah Singgah Pasien ini selain membantu fasilitasi proses pengobatan juga didalamnya terdapat pengajian bulanan para pasien guna menguatkan secara spritual.

Menurut dia, program ini tidak bisa berjalan tanpa kolaborasi dan kerjasama yang baik dimana hal itulah yang membuat program ini bisa terus berjalan.

“Mudah mudahan ini menjadi langkah awal kita meringankan beban saudara-saudara kita yang berjuang untuk sembuh. Kami sangat bersyukur, di tahun kedua ini kita bisa bersama BSI dan BSI Maslahat untuk memperpanjang kebermanfaatan dari shelter. Semoga kedepannya dapat berlanjut, kita dapat mengundang kolaborator lainnya untuk membangun shelter secara permanen,” tutur Rahmat

Sementara BM BSI KCP Makassar 2, Permada Wiraptana berharap Rumah Singgah ini memberikan kebermafaatan untuk masyarakat dan umat khususnya bagi pasien dan keluarga pasien.

“Semoga ini bisa memberikan keberkahan dan kemaslahatan untuk kita semua. Tentunya sinergi ini juga didukung oleh para staff, nasabah dan stakeholder yang telah menunaikan zakat dan infaqnya di BSI sehingga kebermanfaat dapat kita salurkan ke Dompet Dhuafa dan inilah salah satu bentuknya,” harapnya.

Sisman, salah satu pasien penerima manfaat yang tengah menjalani pengobatan kanker getah bening mengucapkan rasa syukur atas kehadiran rumah singgah ini.

“Alhamdulillah selama tinggal disini, kami sangat terbantu terutama biaya jadi irit. Selain itu ada juga pertemuan pengajian bulanan yang memperkuat iman agar tegar menghadapi,” katanya.

“Terima kasih semoga para donatur diberikan kelancaran rezeki,” sambungnya.

Rumah Singgah Pasien Dompet Dhuafa Sulsel dibangun mengingat permintaan pasien rawat jalan daerah semakin meningkat. Untuk memfasilitasi kebutuhan pasien, Dompet Dhuafa bersama BSI bekerjasama meningkatkan pelayanan rumah singgah.

Rumah Singgah Shelter Harapan bertempat di Jl. Michael Faraday Blok EC No. 2 Tamalanrea Makassar yang terdiri dari 9 kamar, selain mendapatkan fasilitas tempat tinggal, pasien juga dapat mengakses layanan-layanan lainnya, seperti kebutuhan konsumsi, transportasi, pendampingan rohani dan spiritual keagaaman, serta psikososial.

Pasien tidak perlu bolak-balik dari rumahnya ke rumah sakit, sehingga para pasien dapat fokus menjalani pengobatan tanpa khawatir harus mencari tempat sewa atau kontrakan, konsumsi maupun transportasi.

Rumah Singgah Pasien ini nantinya akan menjadi tempat menginap bagi pasien dan pendamping pasien yang sedang melakukan pengobatan dalam jangka panjang maupun jangka pendek di rumah sakit-rumah sakit yang ada di Makassar.(*)


BACA JUGA