Pulau Samalona/ Int

Dispar Makassar Ingin Kembangkan Potensi Investasi Wisata Pulau, Lanjukang dan Samalona Prioritas

Jumat, 17 Maret 2023 | 16:44 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Makassar memiliki potensi wisata bahari dan kepulauan yang cukup menjanjikan. Ada sebanyak 12 pulau yang memiliki potensi dan keunikannya masing-masing.

Potensi itu akan dimanfaatkan dengan membuat Rencana Induk Pariwisata (Riparda) Makassar. Regulasinya tengah digodok di DPRD Makassar.

Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Makassar juga telah mengajukan tawaran agar investasi ini dapat masuk ke kawasan pulau. Harapannya ini bisa menarik investor untuk melakukan pengelolaan bersama.

“Kita sudah tawarkan semua data-datanya ke PTSP, untuk dikelola menjadi potensi Investasi di Kota Makassar,” kata Kepala Dispar Kota Makassar, Muhammad Roem, Kamis (16/03/2023).

Khususnya dua pulau seperti Samalona dan Lanjukang. Pun pihaknya juga bisa mengajukan Dana Alokasi Khusus (DAK) ke Kementerian Pariwisata dalam pembenahan ke depannya. Hanya saja ini masih menunggu regulasi Riparda tersebut.

“Kita berharap Riparda ini bisa segera disahkan, agar pengembangannya bisa segera dilakukan, itu bisa lewat DAK Fisik, ke Kementerian Pariwisata,” imbuhnya.

Menurutnya, skema investasi yang dibangun ini selain menguntungkan kota, juga akan menguntungkan penduduk lokal. Semisal dalam hal usaha penyeberangan hingga penyewaan tempat, ini sangat potensial.

Penataan kawasan pulau ini kata dia pelan-pelan dilakukan. Misalnya, masalah penataan dermaga dan sarana di dalamnya.

Lebih lanjut, tingkat mobilitas dan angka kunjungan ke pulau juga cukup menjanjikan, sehingga potensi pendapatan dari ini cukup besar.

Roem mengatakan pihaknya juga menargetkan penyelenggaraan untuk event akan dilakukan di pulau, hanya saja ini lebih dahulu menyelesaikan pembenahan yang ada.

“Sejauh ini belum ada (event) kita mau benahi dulu,” tukasnya.(*)


BACA JUGA