(FOTO: Kepala bidang di Disperindag, Ikhsan NS/Selasa, 10 Oktober 2016/andi Nita Purnama/GoSulsel.com)

Disperindag Dorong Produk Kerajinan Perak Makassar Jadi Magnet Wisata

Selasa, 11 Oktober 2016 | 14:55 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Berbagai pelatihan diadakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Makassar (Disperindag) sebagai usaha pemerintah untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Pemerintah membantu pengrajin dengan menjadi penghubung ke pemodal dan menyediakan ruang untuk pemasaran produk.

“Kami fasilitasi pengrajin dengan pihak bank, membantu menghubungkan mereka dengan pihak bank,” ujar Kabid Disperindag, Ikhsan NS, Selasa (11/10/16).

pt-vale-indonesia

Pemasaran produk pengrajin ini juga atas campur tangan pemerintah. Disperindag mengajar para pengrajin untuk selalu mengikuti pameran yang dilaksanakan guna memamerkan produk mereka.

“Setiap ada pameran kita undang mereka untuk memamerkan. Yang akan datang kan ada Expo tgl 14 Oktober di Hotel Four Points, kami akan menampilkan kerajinan mereka juga disitu. Kami optimis pasti banyak yang pesan,” tambahnya.

Produk kerajinan semacam ini juga sangat berpengaruh terhadap tigkat pariwisata utamanya di Sulawesi Selatan. Produk seperti ini juga menjadi rangsangan buat wisatawan domestik untuk berkunjung ke Kota Makassar.

“Sangat berpengaruh dengan tingkat pariwisata di Sul Sel. Orang berkunjung ke Makassar, pasti mereka bertanya dimana lokasi pengrajin perak itu, apakah mau lihat proses pembuatannya atau berbelanja disitu. Ini menjadi rangsangan buat wisatawan domestik untuk datang ke Makassar sebagai kota destinasi. Selain kuliner, pengrajin-pengrajin kita menjadi salah satu sasaran untuk dikunjungi,” terangnya.(*)


BACA JUGA