Banjir, Banjir Makassar, Banjir di Makassar, Jalan Juanda, Puskesmas Ujung Pandang Baru

Mahasiswa UMI Rekomendasikan 4 Poin Atasi Banjir di Makassar

Kamis, 04 Februari 2016 | 19:38 Wita - Editor: Nilam Indahsari - Reporter: Evi Novitasari - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com – Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Muslim Indonesia (UMI) yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil (HMS) merekomendasikan 4 poin dalam mengantisipasi dan mengatasi persoalan banjir di Makassar. 4 poin itu disampaikan kepada Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan “Danny” Pomanto, dalam forum Dialog Awal Tahun bertema “Membedah Banjir Makassar Menuju Kota Dunia”. Forum ini diselenggarakan Kamis (04/02/2015) di Auditorium Al Jibra UMI, Jl Urip Sumoharjo.

Keempat poin itu, yakni pemerintah kota (Pemkot) harus menindaklanjuti studi yang sudah ada dan segera dibuat DED (Detail Design). Kedua, DED yang dibuat harus mencakup secara keseluruhan wilayah Makassar bukan parsial. Ketiga, desain tipe saluran pembuangan utama harus memakai turap agar volume air yang dialirkan jadi besar atau banyak. Dan keempat, mengingat tinggi muka air laut, diharapkan untuk membuat pintu outlet yang juga berfungsi sebagai pintu penguras.

pt-vale-indonesia

“Rekomendasi membuat DED dari FSD (Feasibility Study) yang ada sudah tepat,” kata Danny Pomanto, usai menyimak pemaparan rekomendasi. Untuk selanjutnya, rekomendasi itu akan dijalankan melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar.

“Kita segera komunikasikan dengan Pak Menteri,” lanjut Danny.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Kadis PU), Muhammad Anshar, menyatakan kesiapan dinasnya menjabarkan seluruh masukan dalam bentuk aksi.

Halaman: