Dinas Perdagangan Dorong Warga Ciptakan Tenun Khas Makassar

Senin, 13 Maret 2017 | 18:32 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Degina Adenesa  - GoSulsel.com

Makassar,Gosulsel.com – Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Makassar dorong perekonomian warga dari masing-masing kecamatan dengan memberi edukasi membuat tenun khas Makassar dengan  mengangkat corak lontara sebagai ciri khasnya.

“Kita melihat potensi yang dimiliki seperti tenun lontara, kita berupaya melakukan pelatihan kepada kader yang dikirim pihak kecamatan, pelaksanaan ini tidak berorientasi proyek, jadi akan berlanjut dan orangnya kita edukasi terus jadi bisa melahirkan tenun ciri kota makassar,” ujar Kadisdag Makassar, Andi Muhammad Yasir usai melangsungkan pelatihan menenun di hotel Romedo Makassar, Senin (13/3/2017).

pt-vale-indonesia

Selain itu, Yasir mengatakan telah menggandeng salah satu perusahaan tenun yakni Cita Tenun Indonesia untuk menguji kualitas tenun yang diciptakan warga Makassar.

“Kita ingin mulai dari pengetahuan tentang benang, tehnik pencelupan, dan bagian tenun. Kami sudah berkomunikasi dengan cita tenun Indonesia, yang telah memiliki kontribusi besar tentang tenun Indonesia. Ini akan mengisi display makassar,” tambahnya.

Saat ini, pihak Disdag tengah menyiapkan dua alat tenun manual yang akan digunakan selama pelatihan berlangsung. Diketahui pelatihan akan digelar dalam dua sesi dengan jangka waktu pelatihan selama tujuh hari.

“Langkah awal kita adakan alat tenun manual, ada dua alat tenun. Tapi belum ada bantuan dana untuk anggaran saat ini,” tutupnya.(*)


BACA JUGA