Ketua KPK, Agus Rahardjo

KPK akan Luncurkan Program Pencegahan Korupsi

Senin, 24 Oktober 2016 | 15:44 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Ahmad Syadiq - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Agus Raharjo mengingatkan mahasiswa Unhas untuk memulai latihan melawan korupsi. Hal tersebut disampaikan dalam sambutannya pada kegiatan Festival Konstitusi dan Anti Korupsi di Baruga Pettarani Unhas, Jl Urip Sumoharjo, Senin (24/10/2016).

“Saya menggaris bawahi, kalian harus latihan. Budaya menyontek harus dihilangkan dari sekarang sampai kedasar-dasarnya. Karena dari hal seperti ituah bibit korupsi mulai unggul,” ujar Agus.

Ketua KPK ini juga menjelaskan tugas-tugas pokok dari Komisi Pemberantasan Korupsi yakni menindak dan mencegah. Menurutnya melakukan penindakan memang penting tapi yang lebih penting dari itu adalah melakukan pencegahan.

“Sudah ada 17 Gubernur yang terkena operasi tangkap tangan, belum lagi Bupati beserta eselonnya. Tapi yang tidak kalah pentingnya adalah pencegahan. Makanya kita akan perkenalkan sistem delivery yang mengikut sertakan rakyat pada bulan Desember mendatang,” ungkapnya.

“Selain itu KPK juga akan memperkenalkan program jaga Sekolah, Jaga RS ku, Jaga Perizinanku dan Jaga Negaraku serta Jaga Anggaranku. Nanti rakyat bisa mengakses kekayaan semua sehingga rakyat bisa mengkritisi secara langsung,” lanjutnya.

Sementara itu, Agus juga memuji Unhas sebagai salah satu kampus yang konsen mencegah korupsi. “Banyak kajian-kajian atau gerakan yg knudian tumbuh menjadi gerakan anti korupsi dan mndorong munculnya gerakan yang sama disekitar kampus Unhas,” pungkasnya.


BACA JUGA