JIP Unismuh Kaji Trend Terbaru dalam Studi Politik Islam

Jumat, 27 Mei 2016 | 18:53 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com – Sebanyak 20 dosen Jurusan Ilmu Pemerintahan (JIP) Unismuh mengikuti Governance Guest Lecture Series (GGLS) seri 6. Acara yang digelar ruang ujian Fisip Unismuh, Makassar, Jumat (27/5/2016).

Panitia mengambil tema ‘tentang Trend Terbaru Dalam Studi Politik Islam di Indonesia. Pemikiran Politik Islam, yang penuh dengan “penyimpangan” menghadirkan narasumber, Iqra Anugrah, mahasiswa doktoral dari Nothern Illinois University, AS dan narasumber lainnya, Andi Ahmad Yani, dosen Unhas yang sedang studi doktoral di Leiden University, Belanda.

Dalam materinya, Iqra Anugrah, yang menyelesaikan 2 studi master di Ritsumaken University, Jepang dan Ohio State University, AS -mengeluhkan stagnasi kajian serta repetisi dalam hal metodologis.

“Islam politik merupakan artikulasi populisme Islam. masih terlalu kuat pengaruh ortodoksi model Santri-Abangan a la Clifford Geertz di Indonesia,” kata dia.

Menurutnya, dalam perbandingannya pada studi di negara lain, bahkan sudah sampai kajian tentang agama sebaga alat kesejahteraan (prosperity religion).

Halaman:

BACA JUGA