(FOTO: Pelapak sepatu cakar di pinggiran jalan raya di kota Makassar/Rabu, 28 September 2016/Marwan Paris/GoSulsel.com)

Kualitas Impor Harga Murah, Sepatu Bekas Pinggir Jalan Jadi Primadona Warga Makassar

Rabu, 28 September 2016 | 20:20 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Marwan Paris - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Jangan anda kira bila membeli barang bekas semisal sepatu di penjual cakar, kualitasnya beda jauh dengan yang ada di toko. Mungkin malah sebaliknya, bisa jadi sepatu yang anda beli di toko dengan harga yang cukup menguras kantong, kualitasnya malah tidak terjamin.

Ada berbagai macam alasan yang bisa dijelaskan tentang bagaimana sepatu bekas tak kalah berkualitasnya dengan sepatu baru yang dijual di toko. Seperti misalnya disampaikan oleh ibu Dahlia, seorang pedagang lapak sepatu bekas kepada Gosulsel.com di jalan Hertasning, Selasa (27/9/2016).

“Terkadang orang juga tidak tahu, kalau sepatu ini di toko aslinya selain mahal belum tentu bagus. Misalnya merek All Star banyak orang cari bekas karena originalnya. Dari pada beli di toko, berapa itu harganya. Ada yang satu juta. Jadi di sini satu setengah, dua ratus ribu, itupun masih ada yang nawar tapi dia tidak tahu kalau ini barang aslinya,” kata ibu Dahlia.

Sepatu original, menurutnya memiliki ciri-ciri tersendiri. Misalnya bahan tebal, warna tidak pudar dan juga tidak mudah rusak atau sobek. Selain itu semua sepatu merupakan barang impor dari luar negeri seperti dari China, Taiwan, Korea, dan Jepang. Di mana barang yang bekas pakai itu rata-rata original dari asalnya.

Jika di tempat kita, kata bu Dahlia, mencari barang yang ori agak susah dikarenakan banyaknya barang bajakan beredar sampai di pajang dalam etalase berlabel ori. Belum lagi jika ketemu yang ori harganya bisa tinggi. Dan jika dipakai belum tahu bisa tahan sampai berapa lama.

Barang bekas oleh sebagian cerita dari pelanggan yang pernah mencari sepatu bekas, punya alasan karena barang tersebut memiliki daya tahan selain dari harganya yang terjangkau, kata ibu Dahlia. Terbukti bila barang bekas yang pernah dibeli pelanggan bisa tahan bertahun-tahun, sama halnya dengan barang baru namun tentunya dengan harga mahal.

Halaman: