Pedangang es kelapa muda sedang duduk di depan warungnya di Jl Pasar Ikan, Kelurahan Bulogading, Ujungtana, Makassar, Senin (7/9/2015). Sejumlah pedagang mesti menutup dagangannya akibat perhelatan AMF, 8 September nanti. iskandar/gosulsel.com

Jelang AMF, Pedagang Es Kelapa Diliburkan 9 Hari

Senin, 07 September 2015 | 14:25 Wita - Editor: Chaerul Fadli -

Makassar, GoSulsel.com – Puluhan pedagang es kelapa muda di bantaran Jl Pasar Ikan, Kelurahan Bulogading, Ujungtanah, terpaksa libur sejak 3-11 September 2015. Warung-warung itu ditutup sementara menjelang perhelatan Asean Mayors Forum (AMF) di Makassar, 8-10 September mendatang.

“Sepanjang jalan di depan (bentteng) Roterdam, di sini semua penjual ditutup. Karena itu pemberitahuan langsung dari Pak Lurah,” kata satu dari puluhan pedagang es kelapa yang ditutup, Hasan Daeng Nyengka yang ditemui GoSulsel.com, Senin (7/9/2015).

pt-vale-indonesia

Sejumlah pedagang kecewa akibat penutupan yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dianggap mendadak. “Kami diberitahu Pak Lurah tanggal 2 (September) malam. Sedangkan kelapa saya datang dua mobil 2 September juga, Tanggal 3 September kita disuruh tutup,” ujarnya.

Hasan menyayangkan keterlambatan informasi yang diterima pedagang dari Pemkot. “Coba kita diberitahu tanggal 30 Agustus atau sebelumnya, mungkin kita bisa antisipasi,” jelasnya.

Ruas Jl Pasar Ikan di depan Benteng Rotterdam merupakan akses peserta tamu AMF nantinya. Pemkot Makassar akan menggelar Asean Community Week (ACW) di Anjungan Pantai Losari, Sekitar 500 meter dari lokasi pedagang es kelapa.

ACW merupaka segmen kegiatan pertemuan para walikota negara dan pengusaha di Asia Tenggara dan beberapa negara Eropa lainnya.


BACA JUGA