Walikota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto dan General Manager Account Management Pamasuka Mulya Budiman melakukan penandatangan kerjasama Smart City Penyediaan Layanan Telekomunikasi berbasis teknologi dan produk M2M di sela sela pembukaan acara Asean Mayors Forum 2015 yang dilaksanakan di Hotel Four Points Makassar, Selasa (8/9/2015). foto: Sutriani Nina/gocakrawala

Pemkot Makassar Gandeng Telkomsel di AMF

Selasa, 08 September 2015 | 13:22 Wita - Editor: Chaerul Fadli -

Makassar, Gosulsel.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menggandeng Telkomsel sebagai rekanan kerjasama penyediaan layanan telekomunikasi berbasis teknologi dan produk Machine to Machine (M2M) di sela-sela penyelenggaraan Asian Mayor Forum (AMF).

Penandatanganan kerjasama dilakukan Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto dan General Manager Account Management Pamasuka Mulya Budiman di Hotel Four Point by Sheraton, Jl Landak Baru, Selasa (8/9/2015).

“Dengan kerjasama ini, Pemkot Makassar dapat menerapkan M2M dalam konsep Smart City Platform dan mengefisiensi waktu serta sumber daya,” kata Mulya.

Kerjasama ini mengacu pada teknologi (sistem nirkabel dan kabel) untuk berkomunikasi dengan perangkat lain. “Layanan kerjasama yang dijalin berupa layanan Kuciniki, T-Drive, dan Smart Lighting,” jelasnya.

Kuciniki merupakan layanan penyedia informasi aktivitas kepegawaian Pemerintah Kota Makassar. Tujuannya, agar aktivitas pegawai dari sisi kehadiran, tugas, dan penyediaan laporan terukur ke Pemkot. Layanan ini juga menjadi acuan pemberian reward atau penghargaan ke pegawai.

Juga ada layanan penyedia informasi kinerja mesin dan perilaku berkendara, T-Drive. Aplikasi ini bersumber pada perangkat OBD-2 yang ada di dalam kendaraan. Informasi mesin dapat diakses dengan kata kunci khusus di smartphone, baik berbasis iOS maupun Android.

Reporter: Sutriani Nina/gocakrawala


BACA JUGA