Ilustrasi

Kekerasan & Pelecehan di Sekolah Dinilai Karena Lemahnya Pengawasan

Rabu, 09 September 2015 | 05:18 Wita - Editor: gun mashar -

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Dalam sepekan ini di Sulsel, muncul beberapa kasus kekerasan dan asusila di dunia pendidikan. Mulai kasus pemukulan terhadap siswa, pelecehan seksual (pedofil) hingga beredarnya video pesta miras yang dilakoni siswi dari salah satu sekolah di Sulsel.

Menanggapi hal itu, Dewan Pendidikan Sulsel, Adi Suryadi Culla menyayangkan hal itu terjadi. Menurutnya, ini terjadi karena lemahnya sistem pengawasan di lingkup pendidikan.

pt-vale-indonesia

“Sangat disayangkan kondisi pendidikan kita, belum cukup sepekan telah terkuak kasus yang mencoreng kualitas lembaga pendidikan,” kata Adi Suryadi, ketika dihubungi wartawan, Selasa (08/9/2015).

Untuk itu, kata Suryadi, satuan pendidikan sudah seharusnya mengoptimalkan pengawasan. “Saya menilai, hal-hal penyimpangan ini terjadi karena sistem pengawasan yang belum optimal. Baik itu di sekolah maupun di rumah,” katanya.

Selain itu, Dinas pendidikan selaku stackholder yang menangani perihal ini harus jeli dan responsif menanggapi kejadian tersebut. “Dinas terkait harus lebih maksimal menanggapi lalu secepat mungkin mengklarifikasi dasar kejadian tersebut,” urainya.

Halaman 2

Tidak hanya itu, ia menegaskan jika pelaku penyimpangan tersebut tidak bisa ditoleransi lagi.

“Kepolisian harus secepat mungkin turun tangan dan segera mungkin menjerat hukuman yang setimpal bagi pelaku sebagai efek jera,” tegasnya.

Reporter: Mimi Mahorpala – GoCakrawala


BACA JUGA