Anwar Fuadi. (Foto: m.tvguide.co.id)

Artis Senior Anwar Fuadi Sabet Gelar Doktor di Unhas

Selasa, 20 Oktober 2015 | 19:37 Wita - Editor: Nilam Indahsari - Reporter: Citizen Reporter

Halaman 1
 
Makassar, GoSulsel.com – Promosi Doktor Artis Senior Anwar Fuadi berlangsung pada Senin (20/10/2015) pukul 8 pagi di Universitas Hasanuddin, Makassar.
 
Dengan mempresentasikan disertasi dengan judul “Perlindungan Hukum Infotainment Dalam Pengembangan Hukum di Indonesia”. Anwar menjelaskan, secara husus kasus pemberitaan artis yang kebanyakan masyarakat menjadi korban. Memang terkadang ada berita yang sengaja dimuat untuk mendongkrak popularitas artis yang diberitakan.
 
Anwar menyimpulkan, bahwa lembaga pers bebas memberitakan suatu masalah tapi harus mematuhi hukum pers sebagai aturan dalam dunia pers.

Dalam acara itu hadir pula beberapa artis kondang seperti Dedi Miswar, Dorce, Dude Herlino, dan Anas Terasti.

Hasil yudisium dibacakan oleh pimpinan sidang sekaligus Dekan Fakultas Hukum dan Pembimbing Prof Dr Farida Pattingi MH pada pukul 11.15 Wita dengan hasil yang sangat memuaskan. Dengan itu, Anwar Faudi berhak menyandang Gelar Doktor.
 
Halaman 2
 
Dekan Fakultas Hukum, Farida Patittingi, mengungkapkan, bahwa Anwar Faudi merupakan orang yang tekun, meski beliau di usia 68 tahun dan sibuk sebagai artis tetapi tetap bisa mengikuti perkuliahan dengan baik.
 
Farida sebagai pembimbingnya mengaku Anwar mencapai nilai cum laude. Tapi karena tidak memenuhi beberapa syarat untuk mendapatkan sertifikat cum laude, sehingga Anwar selesai dengan hasil yang sangat memuaskan.
 
Farida menambahkan, bahwa syarat yang tidak dipenuhi adalah harus memiliki lima jurnal yang terbit, yang lolos di lembaga jurnal nasional dan 3 hasil penelitian yang mendapat pengakuan Internasional. Namun Anwar Faudi hanya memiliki 3 jurnal dan 1 hasil penelitian yang mendapat pengakuan internasional.
 
Lebih lanjut menurut Farida, Anwar mengikuti perkuliahan yang harus bolak-balik Jakarta-Makassar tetapi ia dapat selesai dalam waktu 3 tahun lebih atau 7 semester.
 
Anwar Faudi menyampaikan rasa bangga serta berterima kasih kepada dekan dan dosen Program Doktor. Karena atas bimbingan mereka, ia bisa menyandang gelar doktor dan jadi alumnus Unhas dengan hasil yang sangat memuaskan.
 
Halaman 3
 
Dude Herlino juga merasakan rasa bangga karena berkat ketekunan dan semangat yang tinggi yang dimiliki Anwar Faudi sehingga berhasil menyelesaikan studi S3 dengan baik. Semoga ini bisa jadi contoh bagi masyarakat terutama kalangan artis meski di usia yang sudah paruh baya dan kesibukan dalam bekerja, tetapi kita harus tetap memperhatikan pendidikan.
 
 
Citizen Reporter: Amiruddin Taba

Tags:

BACA JUGA