logo PKB/gosulsel.com

Peringati Hari Santri, PKB Sulsel Ziarah Kubur & Bagi Bubur

Kamis, 22 Oktober 2015 | 18:20 Wita - Editor: Chaerul Fadli - Reporter: Nasruddin - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sulsel merayakan Hari Santri Nasional (HSN) dengan beragam acara. Mulai pembacaan barzanji, nonton film Sang Kyai, hingga napak tilas ulama-ulama.

“Puncak dari kegiatan Hari Santri Nasional yang kita laksanakan bertepatan dengan Hari Asyura, kita saling berbagi dan napak tilas ke sejumlah makam penyebar agama. Makam yang dikunjungi antara lain, AGH Abdurrahman Ambo Dalle dan Seikh Yusuf Al-Makassari,” ujar Azhar Arsyad, Ketua PKB Sulsel, Kamis (22/10/2015).

Hal ini dilakukan, katanya, sebagai penghargaan atas jasa perjuangan para pendahulu, sekaligus menumbuhkan semangat kolektif. “Penting untuk merenungkan kembali apa yang pernah dilakukan para ulama. Karena dengan ini santri dan warga PKB bisa mengenal lebih detil bentuk perjuangannya,” jelasnya.

Azhar juga telah menginstruksikan pengurus partainya untuk membuat agenda guna menyemarakkan peringatan dengan kunjungan ke pesantren-pesantren di Sulsel, diantaranya Pondok Pesantren Manahilil Ulum, Kaballangan, Pinrang.

“Kita bersyukur resolusi jihad 70 tahun yang lalu kini telah ditetapkan sebagai hari santri. Ini wujud pengakuan negara atas kontribusi para santri dan kyai dalam mendirikan, mempertahankan, serta mengisi kemerdekaan,” katanya,