AJI Makassar
#

AJI Makassar & DnP Gelar Pelatihan Blog Perspektif Perempuan

Minggu, 08 November 2015 | 12:41 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Citizen Reporter

Halaman 1

Makassar,GoSulsel.com – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Makassar bekerjasama dengan Development and Peace (DnP) menggelar pelatihan pembuatan blog bagi aktivis pers mahasiswa di Makassar, di Hotel Tia Tira Kencana Jl dr Sutomo, Makassar, selama 2 hari, Sabtu-Minggu (7-8/11/2015). Pelatihan ini mengusung tema ” Jurnalisme Perspektif Perempuan”.

“Kami berharap nantinya setelah pelatihan ini peserta juga dapat membuat reportase atau tulisan di blog mereka yang mengangkat isu perempuan,” kata Ketua AJI Makassar Gunawan Mashar, dalam rilisnya yang dikirim ke GoSulsel.com.

Halaman 2

Gunawan Mashar mengatakan, bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membuka wawasan media sosial bagi pers kampus. “Peserta juga diharapkan dapat memahami rambu-rambu yang ada dalam penggunaan media online,” ujarnya.

Pelatihan ini diikuti oleh 15 peserta yang merupakan perwakilan dari kampus-kampus di Makassar. Bertindak selaku pemateri adalah Asep Syaifullah dari AJI Indonesia dan Salviah Ika Padmasari, jurnalis senior di Makassar.

Selama dua hari, peserta diajar mengenai seluk beluk media online. Mulai dari sejarah munculnya internet hingga sejarah perkembangan media online. Mereka juga dilatih untuk membuat website pribadi (Blog) beserta teknis pengisian konten agar menarik untuk dibaca.

Halaman 3

Blog dipilih karena merupakan salah satu media yang cukup populer dan mudah digunakan. Selanjutnya, peserta diajak untuk membuat tulisan yang bertema perempuan. Tulisan tersebut kemudian diunggah di blog masing-masing.

Khusnul Fadillah, salah satu peserta mengatakan bahwa kegiatan seperti ini sangat bermanfaat. Sebab selama ini ia hanya menjadi konsumen media online. Namun lewat pelatihan ini ia berharap dapat terpacu untuk lebih aktif sebagai blogger. ” Selama ini kan saya hanya membaca tulisan orang lain. Setelah belajar membuat blog seperti ini saya berniat untuk membuat tulisan yang dapat dinikmati juga oleh orang lain,” tuturnya.

Citizen Reporter: Humas AJI Makassar


BACA JUGA