Karst Maros
Pemkab Maros gelar Festival Karts. (Foto: Dok. Pemkab Maros)
#

Dukung Pelestarian Karst, Pemkab Maros Gelar Festival Karst 2015

Minggu, 08 November 2015 | 15:27 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Citizen Reporter

Halaman 1

Maros, GoSulsel.com – Penjabat Bupati Maros Andi Herry Iskandar mendukung upaya pelestarian karst termasuk melalui kegiatan Festival Karst. Pelestarian ini juga menumbuhkan semangat masyarakat untuk menjaga dan mencintai karst.

“Jangan sampai karena kepentingan sesaat kita merusak karst, di musim kemarau panjang ini kita bisa melihat beberapa daerah yang sekitar karts bisa menampung air, sehingga dampak kekeringan tidak begitu terasa,” ungkap Herry saat mengunjungi kawasan karts Rammang Rammang Desa Selenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sabtu (7/11/2015) kemarin.

Halaman 2

Selain untuk berwisata menikmati panorama gugusan karst dan suasana alami di Kampung Berua, Herry juga melakukan pencanangan kawasan wisata sungai Rammang Rammang berbasis masyarakat (community based tourism) Kabupaten Maros.

Semenara terkait Festival Karst, Kasubag Tata Usaha Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaurung (TN Babul) Maros, Dedy Asriady mengemukakan, Festival Karst Maros 2015 digelar untuk semakin memperkenalkan Maros sebagai tujuan wisata potensial di Indonesia serta untuk melestarikan kawasan karst di Indonesia.

Halaman 3

“Kegiatan ini akan diisi sejumlah kegiatan, diantaranya Workshop Penyelamatan Kawasan Karst Maros-Pangkep, Jambore Nasional Pecinta (Cave) serta Pameran Konservasi,” katanya.

Puncak acara Festival Karst Maros yang juga bertepatan dengan Hari Konferensi Warisan Dunia ini akan dilaksanakan pada 15 November dengan berkemah di kawasan wisata alam Pattunuang Maros.

Acara ini akan dihadiri sejumlah Menteri Kabinet Kerja RI, diantaranya Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta sejumlah pejabat pusat dan daerah.(*)


BACA JUGA