Destinasi Toraja, DMO Toraja, Lovely Toraja
Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo, meresmikan citra baru Destinasi Toraja, Senin (09/11/2015) siang. (Foto: Dokumentasi DMO Toraja)
#

Gubernur Sulsel Resmikan Citra Baru Destinasi Toraja di Lapangan Bakti Toraja

Selasa, 10 November 2015 | 01:00 Wita - Editor: Nilam Indahsari - Reporter: Citizen Reporter

Halaman 1

Toraja, GoSulsel.com – Destinasi Toraja menggelar prosesi peresmian citra baru pariwisata pada puncak acara Lovely Toraja, Senin (09/11) siang. Prosesi peresmian ditandai dengan pelepasan balon dengan spanduk bertuliskan logo dan slogan Destinasi Toraja oleh Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Syahrul Yasin Limpo. Hadir pula sebagai pendamping, pejabat Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara, serta perwakilan Toraja DMO.

Prosesi peresmian yang diinisiasi oleh Toraja DMO dan didukung oleh pemerintah daerah dan provinsi ini sekaligus mempertegas posisi citra baru destinasi. Selain itu, juga komitmen kedua kabupaten cakupan Destinasi Toraja yaitu Tana Toraja dan Toraja Utara untuk menjadi satu kesatuan destinasi pariwisata.

Lovely Toraja merupakan acara tahunan yang digelar secara bergilir di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara. Tahun ini, Lovely Toraja bertempat di Lapangan Bakti Rantepao, Toraja Utara dengan dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo.

Puncak acara berlangsung meriah dengan berbagai atraksi budaya seperti tarian kolosal 500 pelajar dari kedua kabupaten, pagelaran busana karya desainer asal Toraja, pertunjukan 6 jenis kerbau terbaik milik Toraja, serta prosesi peresmian citra baru Destinasi Toraja.

Malam sebelumnya Lovely Toraja dimeriahkan oleh pertunjukan budaya berupa tari-tarian dari berbagai kabupaten di Sulsel, serta pelepasan ratusan lampion di Lapangan Bakti dan atraksi kembang api dari Bukit Singki.

Halaman 2

Selain dihadiri oleh Gubernur Sulsel, Lovely Toraja tahun ini semakin istimewa berkat kehadiran para Duta Besar negara sahabat, di antaranya Duta Besar Zimbabwe, Lebanon, Kanada dan masih banyak lagi. Duta Besar Zimbabwe yang didaulat memberikan sambutan mewakili rombongan duta besar mengatakan sangat terkesan dengan keragaman budaya yang ditampilkan dan mereka berpendapat makna sesungguhnya dari Bhineka Tunggal Ika terlihat sangat jelas di Sulsel, terutama Toraja.

Peresmian citra baru Destinasi Toraja ini diharapkan dapat semakin menyatukan kedua kabupaten cakupannya. Tujuannya agar bergerak ke arah pariwisata berkelanjutan yang akan berdampak positif terhadap pelestarian budaya serta peningkatan ekonomi masyarakat setempat.

“Toraja adalah harga diri dan kebanggaan Sulawesi Selatan serta warisan dunia yang patut dijaga dan dilestarikan,” demikian pernyataan Gubernur Sulsel, sesaat sebelum prosesi peresmian citra baru Destinasi Toraja dimulai.

Berikut foto-foto prosesi peresmiannya:

Halaman 3

Destinasi Toraja, DMO Toraja, Lovely Toraja

Halaman 4

Destinasi Toraja, DMO Toraja, Lovely Toraja

Halaman 5

Destinasi Toraja, DMO Toraja, Lovely Toraja

 

(*)

Yohan Tangke Salu – Anggota Toraja DMO Komisi Pemasaran dan Promisi


BACA JUGA