Rumput Laut, Kawasan Rumput Laut Indonesia
Seorang petani rumput laut menjemur rumput laut hasil panennya di Galesong Selatan, Takalar, Sulsel. (Foto: rumputlautindonesia.blogspot.com)

Berpotensi Jadi Kawasan Rumput Laut Indonesia, Sulsel Dapat Kucuran Dana 30 M

Rabu, 11 November 2015 | 19:21 Wita - Editor: Nilam Indahsari - Reporter: Sutriani Nina - Go Cakrawala

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Sulawesi Selatan (Sulsel) tercatat sebagai penghasil rumput laut terbesar ke-2 di Indonesia bahkan di dunia. Potensi lahannya sendiri seluas 250 ribu hektar di pinggir laut dan 98 ribu hektar areal budidaya.

Dari areal itu, Sulsel menghasilkan sekitar 25 ribu ton per tahun. Namun meski begitu, pemerintah mengakui potensi itu belum tergali secara maksimal.

pt-vale-indonesia

“Potensi tersebut harus terus digali. Karena itu, Kementerian mengucurkan dana pengembangan rumput laut yakni sebesar Rp 300 M secara nasional,” kata Direktur Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Slamet Soebjakto, di acara Pertemuan Internasional Pengembangan Rumput Laut di Hotel Sahid Jaya Makassar, Rabu (11/11/2015).

Menurutnya, Sulsel akan mendapat sekitar 10 persen yakni 30 M. Ia mengatakan, bahwa dana itu akan digunakan untuk sarana produksi bagi kabupaten kota. Termasuk juga dana yg akan diberikan langsung untuk sarana produksi dan lainnya.

Selain itu, pihaknya juga akan mengupayakan membuka pasar ekspor baru selain di Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

Halaman 2

“Kami mengupayakan membuka pasar baru, selain di China (kini RRT). Kami akan buka di Chili, Filipina, dan Beijing juga,” ujarnya.

Penambahan pasar dilakukan sebab ekspor ke RRT mengalami penurunan sebesar 50 persen. Itu akan terjadi jika perekonomian sedang lesu.(*)


BACA JUGA