ilustrasi

Daftar Tunggu Calon Jamaah Haji di Sulsel 158.985 Orang

Senin, 16 November 2015 | 20:43 Wita - Editor: Muhammad Seilessy - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Saat ini, berdasarkan data jumlah daftar tunggu calon jamaah haji di Sulsel sebanyak 158.985 orang. Itu berarti lama tunggu jamaah mencapai 27 sampai 28 tahun. Khusus untuk Jeneponto sebanyak 7.761.

Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Sulsel, Agus Arifin Nu’mang mengatakan penambahan kuota haji saat ini, tergantung kondisi di Arab Saudi. Musababnya, saat ini telah dilaksanakan pembangunan perluasan Masjidil Haram untuk meningkatkan daya tampung.

“Bahwa yang belum pernah naik haji dan usianya sudah lanjut akan diprioritaskan untuk melaksanakan ibadah haji, karena jumlah daftar tunggu jamaah haji sudah cukup besar,”  ujar Agus, Senin (16/11/2015)

IPHI Sulsel juga meminta pengelolaan ibadah haji yang selama ini dilakukan oleh Kementerian Agama diubah sistemnya. Ketua IPHI Sulsel, yang juga Wakil Gubernur, Agus Arifin Nu’mang bahkan meminta pemerintah pusat membuat badan khusus yang mengelola penyelenggaraan haji.

Halaman 2

“Saya selalu menyampaikan di pertemuan Nasional, agar pengelolaan ibadah haji jangan lagi di Kementerian, tapi dibuatkan badan khusus. Sehingga pengelolaan nantinya akan lebih fokus dan jika ada kesalahan, bukan menterinya lagi yang dipenjara,” kata Agus, usai melantik IPHI Jeneponto.

Sebagai organisasi yang mewadahi dan mempersatukan haji, pihaknya berencana menginventarisir jumlah masyarakat yang pernah melaksanakan ibadah haji.
Data tersebut nantinya akan digunakan sebagai acuan prioritas calon jamaah yang akan melaksanakan ibadah haji,  karena kemungkinan pemrintah akan mengeluakan regulasi baru terkait prioritas jamaah. (*)


BACA JUGA