sungai

Bendungan Pamukkulu Tenggelamkan 640 Hektar Daratan

Selasa, 17 November 2015 | 17:30 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Halaman 1

Makassar,GoSulsel.com– Salah satu bendungan besar yang akan dibangun dalam waktu dekat adalah bendungan Pamukkulu, di Desa Kaleko’mara, Kecamatan Polobangkeng Utara, Kabupaten Takalar. Bendungan tersebut akan mulai dikerjakan tahun depan selama lima tahun, dengan total anggaran Rp 1,009 trilliun dan menggunakan lahan 640 hektar.

pt-vale-indonesia

“Bendungan ini akan dibangun sekitar 15 Km dari Kabupaten Takalar. Memiliki fungsi sebagai penyedia air baku bagi daerah Takalar dan sekitarnya, pengendali banjir DAS Pappa, PLT hidro power, pariwisata dan perikanan darat. Yang paling utama adalah meningkatkan intensitas tanaman dari 150 persen menjadi 250 persen di 6430 hektar lahan pertanian,” kata Kepala Biro Pemerintahan Umum, Asmanto Baso Lewa, Selasa (17/11/2015).

Lebih jauh, Asmanto menjelaskan proses pembiayaan pengerjaan fisik sepenuhnya dibiayai melalui APBN, sebesar 780 miliar. Sementara sisanya, 229 miliar untuk pembebsan lahan dibagi tiga, yaitu 50 persen di APBN, 20 persen ABBD provinsi dan 30 persen APBD kabupaten.

Halaman 2

“Ini akan menjadi metode baru proses pembebasan lahan di Indonesia, semua proyek bendungan yang ada saat ini menggunakan akan menggunakan model ini. Kita sudah menerima draft verifikasi dokumen perencanaan tanah yang akan digunakan sebagai lahan bendungan,” lanjut Asmanto, kepada Go Cakrawala di ruang kerjanya.

Pembangunan fisik dari bendungan Pamukkulu akan mulai dikerjakan di tahun 2017, dimana akan memuat debit air sampai 82,57 juta meter kubik. Adapun sungai yang menjadi sumber airnya adalah Sungai Pamukulu, Jenemarrung dan Dingau.