Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo menerima penjelasan dari Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Hermanto Dwiatmoko tentang rel kereta api.

Menhub & DPR Komitmen Selesaikan Kereta Api Sulawesi

Rabu, 18 November 2015 | 17:41 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com-Menteri Perhubungan (Menhub) RI Ignatius Djonan menyatakan, akan terus mendorong percepatan pembangunan kereta api Trans Sulawesi. Itu harapan masyarakat Sulawesi untuk memiliki kereta api tidak lama lagi akan terwujud.

Hal ini diungkapkan saat meninjau pemasangan rel kereta api di Desa Lalabata, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Sulsel, Rabu (18/11/2015).

Ignatius mengungkapkan kereta api Trans Sulawesi yang akan dibangun tersebut memiliki rute mulai dari kota Makassar menuju Manado Sulawesi tenggara, khusus tahap pertama Makassar-pare-pare panjang rel kurang lebih 145 Km.

Menhub menambahkan bahan baku berupa rel akan didatangkan Desember mendatang. “Sengan bahan itu, akan dibangun jalur kereta dengan panjang 145 kilometer,” kata ignatius.

Halaman 2

Sementara itu, Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemy Francis yang juga melakukan peninjauan pembangunan jalur kereta Trans Sulawesi mengatakan pembangunan rel kereta api ini sudah bisa sampai Kota Parepare dalam tiga tahun ke depan.

“Kalau tidak ada persoalan lahan, pihaknya akan memberikan dukungan komitmen politik untuk pembangunan rel kereta di Sulawesi,” jelasnya.

Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul yasin limpo mengatakan sejauh ini upaya pembebasan lahan untuk pembangunan sarana perkeretaapian belum menemui kendala yang berarti. “Yang dananya siap kamu akan lakukan pembebasan,” ringkasnya.


BACA JUGA