Logo Pemkot Makassar

Wawalikota Makassar: Depag Ujung Tombak Agama di Pemerintahan

Senin, 18 Januari 2016 | 14:29 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Andi Dahrul Mahfud - GoSulsel.com

Halaman 1

Makassar,GoSulsel.com – Wakil Walikota Makassar, Syamsu Rizal, mengatakan, Departemen Agama (Depag) Kota Makassar salah satu ujung tombak dalam menyampaikan penerangan agama serta pendidik bagi masyarakat. Pernyataan itu disampaikan Deng Icang sapaan akrab Syamsu Rizal saar berkunjung ke Depag Makassar Jl Rappocini Raya.

“Depag adalah pahlawan yang merupakan penyambung tugas Pemerintah dalam penerangan agama dan akhlak ditengah masyarakat,” ujar Syamsu Rizal dihadapan puluhan tenaga penyuluh agama di Aula kantor Kementrian Agama kota Makassar, senin (18/01/2016).

Menurut dia, penyuluh Agama memiliki tanggung jawab moral dan sosial untuk melakukan kegiatan pembelaan terhadap umat dari berbagai ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang merugikan aqidah, mengganggu ibadah dan merusak akhlak.

“Termasuk memberikan penerangan terhadap bahaya atas ancaman ajaran-ajaran yang merusak aqidah,” ujarnya.



Pasangan Walikota Danny Pomanto ini mengungkapkan, peran penyuluh agama harus mendapat dukungan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar terkhusus para Lurah.

Halaman 2

“Begitu halnya dengan Lurah, tentunya bertanggung jawab terhadap wilayahnya, jika ini sinergi dengan baik maka peran penyuluh agama adalah sebagai mitra lurah dalam membina urusan keagamaan,” jelas Deng Ical.

Sementara itu, Kepala Kantor Departemen Agama Makassar, Isman Nurdin, menyambut baik keinginan Wakil Walikota tersebut.

“Kita sangat bersyukur dengan kepedulian pemerintah Kota, dan ini tentunya berdampak positif bagi teman-teman penyuluh,” ujar Isman. (*)