Beras

Pemkab Lutim Pasarkan Beras Organik di Ritel Modern

Rabu, 27 Januari 2016 | 16:58 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Halaman 1

Makassar,GoSulsel.com – Pemerintah terus mendorong agar produk lokal bisa bersaing dengan produk lainnya, utamanya di pasar modern. Seperti yang dilakukan oleh Pemerintah kabupaten Luwu Timur, dimana Beras organik yang diproduksi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Bumi Timur Agro, telah dipasarkan di ritel modern.

Untuk tahap awal, beras organik dengan merek Beras Batara Guru tersebut dipasarkan di Lotte Mart dan Carrefour yang ada di Makassar. Penjabat Bupati Luwu Timur (Lutim), Irman Yasin Limpo, mengatakan, Lutim telah memproduksi beras sehat, non pestisida dan bahan kimia.

Panen perdana sekaligus launching dilakukan saat peringatan Hari Perjuangan Rakyat Luwu, beberapa waktu lalu. “Setelah dilaunching langsung kami kemas dan pasarkan. Insyaallah, beras ini kualitasnya berbeda dan sangat bagus, karena ujicobanya berulang-ulang,” kata Irman, usai Pemasaran Perdana Beras Sehat di Mal Panakkukang, Rabu 28 Januari.

Irman berharap, ke depan beras organik tersebut bisa menjadi brand Luwu Timur dan Sulsel. Ia menjelaskan, luas lahan yang memproduksi beras organik di Lutim sekitar 58 hektare. Rata-rata setiap hektare mampu memproduksi tiga ton atau sekitar 73,95 ton beras.

“Kalau mau cari beras sehat, maka Lutim. Keunggulannya, non pestisida, harum, dan gurih. Produksi kita cukup untuk pasar domestik dan Sulsel, belum lagi dalam setahun kita bisa tiga kali panen per tahun,” jelasnya.

Halaman 2

Terkait potensi pasar, Irman optimistis beras organik mampu bersaing. Apalagi, pola beli masyarakat sekarang sudah berubah. Mereka mau sehat, terutama kelas menengah ke atas. Untuk masalah harga dan pangsa pasar, pihaknya yakin bisa bersaing.

“Karena beras organik pangsa pasarnya memang menengah ke atas. Biasa yang banyak uangnya mau sehat. Semoga ke depan setelah ini, bisa dijadikan komoditas ekspor atau antar pulau. Sekarang, kami mau perlihatkan dulu kalau untuk beras sehat, Lutim akan menguasai pasar satu tahun ini,” terangnya.

Selain Lotte Mart dan Carrefour, Irman mengaku akan roadshow ke distributor sembilan bahan pokok agar mengikutkan beras organik tersebut ke pasar-pasar modern. Jika pasarnya bagus, maka luas lahan untuk pertanian beras organik akan bertambah. Saat ini, tambah Irman, sudah ada sekitar seratus petani yang memproduksi beras organik di Lutim.

“Beras ini menguntungkan petani. Mereka tidak perlu membeli pupuk kimia atau pestisida sehingga mengurangi biaya produksinya. Harga jualnya juga bersaing. Selain itu, ketergantungan terhadap ijon atau tengkulak tidak ada,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA