Ilustrasi

Makassar Wakili Indonesia dalam Konferensi Ekonomi ASEAN

Selasa, 02 Februari 2016 | 22:17 Wita - Editor: Nilam Indahsari - Reporter: Evi Novitasari - Go Cakrawala

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Jelang pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asia (MEA), perhatian negara-negara ekonomi maju kepada kota-kota di Indonesia termasuk Kota Makassar makin tinggi. Hal ini terbukti dari berbagai kunjungan dan penjajakan berbagai kerja sama yang dilakukan kedutaan besar seperti Kedubes Australia maupun negara adi daya Amerika Serikat (AS/USA).

Kali ini, perhatian besar negara ditunjukkan dengan undangan khusus yang dilayangkan kepada Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan “Danny” Pomanto. Undangan itu berisi ajakan untuk hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan Conference on The ASEAN (Association of South East Asia Nation) Economic Community (AEC) di San Fransisco, AS. Kegiatan akbar itu akan dihelat 17 Februari mendatang dan akan dihadiri sedikitnya 10 pimpinan negara dunia.

pt-vale-indonesia

Yang lebih membanggakan bagi Danny Pomanto, karena Makassar jadi satu-satunya kota yang akan mewakili Indonesia dalam kegiatan akbar itu.

“Ini merupakan kebanggaan dan capaian tersendiri bagi Makassar karena menjadi satu-satunya kota yang diundang mewakili Indonesia. Apalagi kegiatan itu dihelat dan akan dibuka oleh Presiden AS, Barrack Obama,” terang Danny saat menyampaikan hal itu di ruang kerjanya, Selasa (02/02/2016).

Danny mengatakan, konferensi itu akan membahas berbagai aspek pembangunan di negara-negara ASEAN khususnya terkait ekonomi bisnis dan juga perkembangan infrastruktur dalam kaitan kerja sama dengan negara AS.

Halaman 2

Ada 2 kegiatan utama yang akan berlangsung dalam kesempatan itu, yaitu ASEAN Economic Community dan ASEAN – USA Leader.

Rencananya, Danny akan bertolak ke Amerika pada 12 Februari mendatang.

“Saya berangkat tanggal 12 atau 13 bulan ini. Saya akan tiba kembali di Makassar pada tanggal 21 untuk menghadiri Hari Bank Sampah sedunia. Ini peluang besar bagi Kota Makassar untuk membuka berbagai peluang kerja sama investasi dan tentunya promosi potensi yang kita punyai,” ujar Danny.

Undangan khusus bagi Wali Kota Makassar dari USA-ASEAN Council itu sendiri telah diterima oleh wali kota pada Senin (01/02/2016) kemarin.(*)


BACA JUGA