Pangdam VII Wirabuana Makassar
Pangdam VII Wirabuana Makassar, Agus Surya Bakti (kiri). (Foto: Mirsan/GoCakrawala)

Pangdam: War Room Makassar Hampir Samai Inggris

Selasa, 02 Februari 2016 | 21:00 Wita - Editor: Nilam Indahsari - Reporter: Evi Novitasari - Go Cakrawala

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Panglima Kodam VII Wirabuana Mayjend TNI Agus Surya Bakti kagum saat menyaksikan war room atau ruang kontrol Pemerintah Kota Makassar. Ia bahkan sesumbar mengatakan, bahwa war room yang dimiliki Makassar sudah hampir menyamai Inggris.

“Dalam skala kecil, saya melihat war room Makassar hampir sama dengan Inggris. Ia memiliki kualitas gambar dan kemampuan zooming yang sangat baik,” ucap suami Bella Safira yang mengaku telah banyak menyaksikan war room di berbagai kota terkemuka di dunia ini, saat bertandang ke operation room, lantai 10 Menara Balaikota, Selasa (02/02/2016).

Agus berharap, ide cerdas Wali Kota Makassar ini bisa membawa kesejahteraan bagi masyarakat. Kesejahteraan yang dimaksud, yakni terciptanya keamanan. Karena dengan adanya war room ini, Agus yakin kejahatan di Makassar bisa semakin tereliminir.

Jika kondisi kota aman, masyarakat akan merasa aman bekerja memutar roda perekonomian. Hal ini menurut jenderal bintang dua ini merupakan indikasi tersendiri atas keberhasilan kepemimpinan Kota Makassar di bawah Wali Kota Mohammad Ramdhan “Danny” Pomanto.

Ia pun secara institusi menyatakan mendukung dan berharap hal ini semakin dikembangkan dengan terus memperbanyak jumlah kamera CCTV di berbagai tempat. Dengan demikian, tentunya masyarakat akan senang karena aksi kejahatan mulai dari begal, kejahatan di ATM, terorisme hingga pegawai yang malas-malasan pun bisa terekam.

Halaman 2

“Kita banggalah masyarakat Makassar, saya juga sebagai Pangdam di Makassar ini bangga punya wali kota kayak Pak Danny,” tutupnya.

“War room kita sudah beroperasi. Namun kami belum pernah melakukan launching karena menunggu kelengkapan data yang kita miliki,” kata Danny singkat, sembari terus memperlihatkan berbagai kemampuan yang dimiliki war room itu.

Danny memperlihatkan mulai dari kualitas zooming, ketajaman gambar, kemampuan kamera berputar 180 derajat, hingga tracking kendaraan dinas, ponggawata, serta data pajak dan kependudukan yang bisa dipantau dari tempat itu.

Sebelumnya, Danny menerima Pagdam bersama Dandim 1408 BS Letkol Jefry Octavian Rotty di ruang kerjanya terkait kegiatan pertemuan akbar masyarakat, pemerintah, TNI, dan POLRI di CCC, esok 3 Februari. Dalam kunjungan itu, Agus SB juga menyerahkan 2 eksamplar buku hasil karyanya kepada Danny. Keduanya masing-masing berjudul Deradikalisasi Dunia Maya dan Deradikalisasi Nusantara.(*)


BACA JUGA