Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day, di kawasan Anjungan Pantai Losari, Makassar (21/2/2016)

Car Free Day di Anjungan Losari Dipadati Warga

Minggu, 21 Februari 2016 | 12:38 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Satria Sakti - GoSulsel.com

Makassar,GoSulsel.com – Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day, di kawasan Anjungan Pantai Losari, Makassar (21/2/2016) disambut antusias warga. Ratusan warga Kota tampak memadati ikon kota Angin Mammiri’ itu.

“Hari bebas kendaraan bermotor sudah lama digelar setiap minggu pagi. Sebagai warga kota saya sangat mendukung car free day ini,” kata salah seorang warga Makassar, bernama Imran, ketika ditemui di lokasi, pagi tadi.

pt-vale-indonesia

kebijakan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar memberlakukan CFD ini dengan menutup Jl penghibur untuk lalu lintas kendaraan setiap hari minggu pada pukul 06.00-10.00 Wita ini, disambut antusias oleh warga kota.

Dalam sejarahnya Car Free Day adalah sebuah kegiatan kampanye untuk mengurangi tingkat pencemaran udara di kota-kota besar di seluruh dunia yang disebabkan oleh kenderaaan bermotor.

Car Free Day ini bermula pada tanggal 25 November 1956, dilaksanakan oleh pemerintah Belanda setiap hari Minggu.Kemudian Francis pada tahun 1995 melaksanakan pesta memperingati Green Transport Week di kota Bath, semua masyarakat turun ke jalan untuk merayakan acara tersebut. Inilah perjalanan panjang sejarah kegiatan Car Free Day.

Halaman:

BACA JUGA