Logo Kabupaten Gowa

Kemenkes RI Bahas Temuan Kasus Kusta Frambusia di Gowa

Selasa, 23 Februari 2016 | 15:46 Wita - Editor: Baharuddin -

Gowa,GoSulsel.com – Kementrian Kesehatan RI Gelar Pertemuan Advokasi dan Pelatihan Singkat Kegiatan Intensifikasi penemuan kasus Kusta Fambusia melalui kampanye eliminasi Kusta dan Eradukasi Frambusia di Gedung Adi Jaya, Jl Tumanurung, Kecematan Somba Opu, Kabupaten Gowa, selasa (23/02/2016)

Dalam pertemuan yang dihadiri Pemateri dari Kemenkes RI, Subdit Kusta Frumbusia, Dr. Nani, juga dihadiri Sekda, Muchlis, Dinkes Gowa dan Dinkes Sulsel, Badan Pemberdayaan Perempuan, Kepala Puskesmas, juga anggota DPRD Gowa, bertujuan untuk berkomitmen mengeliminasi dan melakukan kampanye dengan adanya penyakit yang menyebar di Gowa.

Dr. Nani, yang merupakan Pemateri dari Kemenkes RI, Subdit Kusta Frambusia, mengatakan, jika kusta merupakan penyakit yang dapat menular namun tidak mendapat perhatian khusus. Padahal ditahun 2014, penyakit Kusta di Indonesia mendapat posisi ketiga didunia penderita kusta.

“Gejala awal penyakit kusta itu berupa bercak-bercak putih seperti panu ataupun bercak kemerahan, yang seolah-olah mati rasa, tidak ditumbuhi bulu, tidak mengeluarkan keringat, tidak gatal dan tidak sakit, sehingga penderita seringkali tidak merasa terganggu,” Ungkapnya

Muchlis, selaku Sekda Gowa juga berharap kegiatan Pertemuan Advokasi dan Pelatihan Singkat Kegiatan Intensifikasi penemuan kasus kusta pertama ini akan terus dilanjutkan untuk memicu gerakan pencegahan berkembangnya serta penyebaran penyaki kusta khususnya di Gowa.

Halaman: