Ilustrasi

Ketua Askindo Sulsel sebut MEA sebagai Peluang Ekspor Kakao

Kamis, 25 Februari 2016 | 19:36 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Sutriani Nina - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com – Ketua Asosiasi Kakao Indonesia (Askindo) Sulawesi Selatan Yusa Rasyid Ali menerangkan kehadiran Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) ke Sulsel menjadi peluang untuk aktivitas ekspor. Utamanya untuk ekspor kakao.

“Meski mengalami penurunan kinerja ekspor di tahun 2015 lalu, sy pikir tahun ini kinerja ekspor Sulsel akan kembali meningkat,” katanya pada acara diskusi ekonomi yang digelar oleh Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI) Sulsel, Kamis (25/2/2016).

Yusa menyebutkan, pertumbuhan kinerja ekspor Sulsel di tahun 2016 ini belum bisa diprekdiksi sebab kakao adalah bisnis tanaman yang tidak bisa diperhitungkan pertumbuhannya.

“MEA bagi pelaku ekspor kakao itu adalah peluang. Apalagi pelaku perdagangan kakao adalah perusahaan multi nasional,” lanjutnya.

Dari data yang ada, tercatat per Oktober 2015 lalu ekspor kakao turun signifikan sekitar 19,38 persen. Yusa menyatakan hal itu dikarenakan ekspor kakao lebih banyak di antarpulaukan dari pada dikirim ke luar negeri.

“Kalau ke luar negeri sejauh ini kita lebih banyak ke Singapura. Tetapi permintaan tetap lebih banyak di dalam negeri,” tambahnya.

Halaman: