Legislator Luwu Usul Pembuatan Rumah Ikan Jaga Kelestarian Ekosistem Laut

Jumat, 18 Maret 2016 | 15:40 Wita - Editor: Irfan Wahab - Kontributor: Hidayat Ibrahim - GoSulsel.com

Belopa, GoSulsel.com – Legislator asal Partai Golkar Kabupaten Luwu, Sul Arrahman mulai memprogramkan dan melayangkan pengusulan ke Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP), untuk pembuatan rumah ikan di perairan Teluk Bone.

Program dan usulan Sul yang juga Ketua Tanamanai Diving Club itu beralasan, bahwa seiring kerusakan yang terjadi di hampir seluruh terumbu karang. Buntutnya, selain berdampak terhadap pendapatan nelayan Kabupaten Luwu juga mengancam punahnya sejumlah ekosistem endemik Teluk Bone di perairan Kabupaten Luwu.

pt-vale-indonesia

“Insya Allah mulai perubahan tahun ini dianggarkan untuk pembuatan rumah ikan. Kita akan awali di wilayah perairan Desa Paconne karena di sana masih ada spot yang terjaga. Ke depan Rumah Ikan Paconne ini sekaligus sebagi pilot project nantinya,” tutur Sul Arrahman, Jumat siang (18/3/2016).

Sul yang anggota DPRD Luwu, terus intens melakukan gerakan melawan pengrusakan terumbu karang sebagai rumah ikan ke seluruh pelosok. Sul menjelaskan, bahwa aksi perburuan ikan dengan menggunakan bom dan racun menjadi pemicu utama rusaknya sejumlah terumbu karang di perairan Kabupaten Luwu. Hal itu harus dihindari dan dipantau bersama aparat kepolisian.

“Kami berharap upaya mengembalikan kekayaan laut dan kejayaan nelayan Luwu bisa terwujud. Makanya, peran besar masyarakat nelayan juga kami sangat harapkan. Tinggalkan budaya pengeboman dan racun ikan di laut. Hindari juga peralatan yang berbahaya dalam menjaga kelestariah ekosistem laut seperti pukat harimau,” harap Sul alumni Jurusan Ilmu & Teknologi Kelautan di Unhas.

Halaman:

BACA JUGA