‎Menteri Agama Upayakan Penambahan 10.000 Kuota Haji

Senin, 11 April 2016 | 16:21 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, Gosulsel.com – Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin terus berupaya melakukan penambahan kuota jamaah haji Indonesia. Tahun ini, sebanyak 10.000 kuota haji sedang diupayakan dari pemerintah Arab Saudi.

Meski diakuinya saat ini, Pemerintah Arab Saudi belum mengeluarkan jumlah jamaah haji yang akan diterima. Namun, pihaknya bisa memastikan jumlahnya tak jauh beda dengan tahun lalu, pasalnya kondisi Mesjidil Haram masih dalam tahap pengerjaan.

“Khusus Indonesia kita sedang usahakan tambahan sekitar 10 ribu, jadi ini yang kita ikhtiarkan mudah-mudahan bisa dipenuhi oleh pemerintah arab saudi. Dengan daftar tunggu yang mencapai 23 tahun di Indonesia dan penduduk muslim terbanyak, bisa jadi pertimbangan,” kata Lukman, usai membuka Raker Kemenag se-Sulsel di Asrama Haji Sudiang, Senin (11/4/2016).

Selain itu, dari beberapa negara yang tak memenuhi kuota hajinya, Kemenag berharap bisa diserahkan ke Indonesia. Tak hanya masalah jumlah kuota haji yang belum jelas, Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) sejauh ini belum diputuskan pemerintah dan DPR.

“BPIH masih terus dibahas bersama kementerian dengan panja DPR, bulan ini mudah-mudahan sudah bisa dituntaskan sehingga kita tahu berapa besaran biaya haji kita. Kami mengusulkan rata-rata besarannya 2717 Dollar artinya sama dengan tahun lalu,” jelas menteri asal Partai PPP ini.

Halaman:

BACA JUGA