#

Calon Independen Bisa Menangkan Pilgub Sulsel

Kamis, 14 April 2016 | 16:55 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com – Langkah calon Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama yang maju melalui jalur independen bisa menjadi contoh bagi calon yang akan maju di Pilkada seluruh Indonesia. Salah satunya adalah Pilgub Sulsel 2018, tanpa dukungan partai politik peluang menang tetap ada dan bahkan lebih besar.

Salah satu alasannya adalah temuan yang dilansir Celebes Research Center (CRC), soal keterikatan antara masyarakat Sulawesi Selatan dengan partai politik (PartyID). PartyID adalah perasaan seseorang bahwa partai tertentu adalah identitas politiknya, bahwa ia mengidentikan diri sebagai orang partai tertentu, atau bahwa ia merasa dekat dengan partai politik tertentu.

pt-vale-indonesia

Direktur CRC, Herman Heizer mengungkapkan, secara umum 92,1 persen pemilih di Sulsel tidak memiliki perasaan kedekatan kepada partai politik (party closeness). Padahal, partyID ini merupakan komponen psikologis yang akan memberikan sumbangan bagi stabilitas sistem kepartaian, utamanya di Sulsel.

“Identifikasi pemilih dengan partai (partyID) ini menunjukkan masih ada problem dasar yang harus diantisipasi parpol. Saya kira ini menjadi cermin bagi parpol untuk bekerja lebih maksimal agar kinerja mereka bisa melekat di masyarakat,” ujarnya dalam rilis yang dikirim.

Dari 7,9 persen yang menyatakan punya kedekatan dengan parpol, masih ada 11,1 persen yang merasa kurang dekat saat ditanya seberapa dekat keterikatannya. “12,7 persen pemilih merasa sangat dekat. 68,3 persen merasa cukup dekat dan masih ada 7,9 persen tidak tahu seberapa dekat mereka dengan parpol,” jelas Herman.

Halaman:

BACA JUGA