Foto: Dokumentasi gomedia

Tak Masuk 10 KSPN 2016, Ini Penjelasan Kadisbudpar Sulsel

Kamis, 14 April 2016 | 18:04 Wita - Editor: Iin Nurfahraeni - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com –  Sektor Pariwisata di Sulawesi Selatan sempat menjadi sorotan karena tidak masuk dalam 10 Kawasan Prioritas Pembangunan Pariwisata pada tahun 2016 oleh pemerintah pusat, Sebagian masyarakat mempertanyakan kondisi pariwisata di Sulsel kala itu.

Menanggapi hal tersebut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel Jufri Rahman mengungkapkan, masih ada masyarakat yang kurang paham mengenai penetapan kawasan strategis pariwisata ini. Sulsel sendiri telah masuk dalam 88 Kawasan Startegis Pariwisata Nasional, antaranya  KSPN Toraja, KSPN Bira dan KSPN Makassar sekitarnya.

pt-vale-indonesia

Dia menjelaskan dalam Peraturan Pemerintah tahun 2012 mengenai Rencana Induk Pariwisata Nasiona (Riparnas) sudah terbagi 88 Kawasan Startegis Pariwisata Nasional, yang dikembangkan oleh pemerintah pusat.

Namun menurut Jufri, karena masalah anggaran sehingga ini disusun berdasarkan skala prioritas serta infrastruktur dan management pengelolaan masing-masing.

“Sulsel bukan tidak masuk, namun pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pariwisata memprioritaskan  pembangunan pariwisata yang infrastrukturnya minim, maka ditetapkanlah 10 KSPN.”kata Jufri, melalui pesan singkat Whatshapp, Kamis(14/4/2016).

Halaman:

BACA JUGA