Arena ma'pasilaga tedong lapangan pangli kecamatan sesean. Lisna/ Go Cakrawala

Potret Upacara Kematian dalam Ma’pasilaga Tedong di Sesean Toraja Utara

Kamis, 28 April 2016 | 13:49 Wita - Editor: Irwan Idris -

Toraja Utara GoSulsel.com — Masyarakat Toraja terkenal hingga ke mancanegara, selain karena panorama alamnya yang mengangumkan, juga karena adat dan budayanya yang mengesankan. Seperti upacara yang akan diselenggarakan Kamis (28/4), di kecamatan Sesean, kelurahan Pangli, Toraja Utara.

Di sana, akan digelar ma’pasa’ tedong dalam ritual pemakaman Almarhum Ne’ Susan (Pakkan Sallao), anggota DPRD Toraja Utara dari partai Nasdem. Upacara adat ini akan dilanjutkan dengan acara ma’pasilaga tedong (adu kerbau) yang dimulai tanggal 28 sampai 30 April 2016. Selain itu, upacara ini akan dilanjutkan dengan penerimaan tamu pada tanggal 2 Mei hingga upacara pemakaman.

Agenda ma’pasilaga tedong ini dihadiri puluhan ribu orang, termasuk wisatawan mancanegara dari beberapa negara dan beberapa komunitas pecinta Tedong silaga. Agenda yang berlangsung selama tiga hari ini disertai pengundian doorprize yang dilaksanakan tanggal 30 April selepas acara Makpasilaga. “Hadiah diterima langsung oleh pemenang/pemilik kerbau dan tidak dapat diwakili,” ucap ketua panitia acara, Yuli, kepada GoSulsel.com.

“Kalau hari pertama tanggal 28 partai (adu kerbau,-red) tidak tuntas, maka partai tertunda akan dilanjutkan hari kedua atau hari ketiga sesuai pengaturan panitia yang akan dikoordinasi dengan tim pemilik kerbau,” tambahnya.(*)

Kontributor Toraja Utara: Lisna/GoSulsel.com


BACA JUGA