Sarjana Pertanian Diminta Kembali ke Sawah

Kamis, 28 April 2016 | 15:08 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com – Perhimpunan Sarjana Pertanian Indonesia (Pipsi) menggelar seminar tata kelola perberasan di Baruga Lappo Ase, Kamis (28/4/2016). Dalam seminar ini, salah satu yang dibahas adalah sumber daya manusia (SDM) di sektor pertanian.

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman yang menjadi keynote spekear meminta seluruh masyarakat ikut mengawal anggaran pertanian, termasuk dari Pipsi. Bahkan dia meminta usulan ide dan program dari Pipsi untuk kemajuan pertanian Indonesia.

“Dari seminar ini kita harapkan keterlibatan mengawal pertanian termasuk anggaran dari APBN yang kita carikan. Seluruh saudaraku di Pispi yang punya ide baru silahkan dikirim ke kementan, contoh varietas unggulan IPB3S dari IPB,” kata Amran.

Ketua Pipsi Sulsel, Suardi Bakri mengatakan hasil sensus pertanian 2013, hanya 3,3 juta rumah tangga yang berusia di bawah 34 tahun bekerja di sektor pertanian. Ini belum termasuk sarjana pertanian yang kebanyakan bekerja di luar sektor pertanian.

“Sementara itu 20 juta rumah tangga berusia diatas 34 tahun. Ini menunjukkan bahwa generasi muda kurang tertarik akan profesi pertanian, termasuk sarjananya pertanian sendiri,” ucap Suardi.

Halaman:

BACA JUGA