Logo Pemprov Sulsel
Logo Pemprov Sulsel

Dispenda Sulsel Kesulitan Kejar Target di Triwulan I

Minggu, 01 Mei 2016 | 17:26 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com – Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Sulsel kesulitan mengejar target realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) tiga bulan pertama 2016. Dari target 20% untuk triwulan pertama, Dispenda hanya mampu membukukan 18,70% dengan nilai Rp595 miliar. Target PAD tahun ini sekitat Rp3,1 triliun.

Sektor yang menggerus target pendapatan itu, yakni pajak air permukaan yang turun drastis dengan capaian 18,31% atau senilai Rp19,1 miliar. Bandingkan dengan periode sama tahun lalu yang capaiannya sekitar Rp26,5 miliar atau 24,83%.

Selain itu, pajak bahan bakar kendaraan tahun ini diproyeksi anjlok. Dispenda Sulsel pun pesimis bisa mencapai target. Tak hanya itu, sampai triwulan pertama bagi hasil atas pajak rokok, belum diterima dari pemerintah pusat.

Kepala Bidang Pajak Dispenda Sulsel, Burhanuddin menjelaskan, untuk pajak air permukaan mengalami penurunan akibat PT Vale mengurangi jumlah produksi nikelnya. Anjloknya proyeksi pajak bahan bakar disebabkan turunnya harga pasaran minyak dunia selama 2016.

“Pajak bahan bakar khusus triwulan kedua nanti dan seterusnya kemungkinan anjlok. Turunnya harga pasaran minyak dunia akan berpengaruh, kami tidak terlalu optimis dari target. Kuota sebenarnya tidak turun, harganya yang memang turun,” ujar Burhanuddin, kemarin.

Halaman:

BACA JUGA