BPJS Kesehatan Klaim Bayar Rp110 Miliar per Bulan ke RS di Makassar

Senin, 09 Mei 2016 | 18:47 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Satria Sakti - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mengklaim membayar jasa layanan medik ke rumah sakit di Kota Makassar mencapai Rp110 miliar setiap bulannya. Hal itu diungkapkan Kepala BPJS Kesehatan Kota Makassar, Dr Elsa Novelia, Senin (9/5/2016).

Dia mengatakan besarnya jumlah pembayaran yang dikeluarkan tak sebanding dengan iuran para peserta BPJS yang hanya sebesar Rp28 miliar. BPJS tak hanya menanggung peserta yang berada di Makassar melainkan juga peserta dari daerah yang dirujuk ke Makassar.

“Yang dibayarkan BPJS kepada pihak rumah sakit sekitar Rp110 miliar per bulan. Sementara, penerimaan iuran Rp28 miliar,” kata Elsa Novelia, saat menjadi narasumber di acara Sosialisasi Pelaksanaan BPJS Kesehatan di Warkop Pade Jalan Sultan Alauddin Makassar.

Dia menyebutkan masyarakat yang terdaftar sebagai peserta BPJS baru sekitar 70 persen dari 1,6 juta penduduk Kota Makassar. Dan, hanya sekitar 134 ribu peserta aktif yang membayar iuran.

“Peneriman hanya sekitar Rp28 miliar setiap bulan, sementara pembayaran sekitar Rp110 miliar. Jadi, memang setiap bulan kita rugi,” ucapnya.(*)

 


BACA JUGA