Pemerintah Waspadai Kartel Jelang Ramadhan

Jumat, 20 Mei 2016 | 18:04 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com – Kenaikan sejumlah harga bahan pokok menjelang bulan Ramadhan mulai terjadi di beberapa pasar di Makassar. Karena itu, pemerintah terus melakukan pengawasan dan pemantauan, jangan sampai ada perusahaan nakal (kartel) yang memainkan harga.

Dari pantauan Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) Makassar setidaknya ada tiga bahan pokok yang mengalami kenaikan, mulai dari daging ayam, minyak goreng dan gula. Kenaikan harga ini cukup bervariasi.

Ketua KPPU pusat, Sarkawi Rauf mengatakan pihaknya fokus ke 3 bahan pokok yang sering mengalami kenaikan drastis selama bulan puasa yaitu, daging sapi, daging ayam dan bawang merah. Hanya saja, persoalan ini hanya terjadi di pulau Jawa, sementara di Sulsel tak terlalu.

“Bahkan tahun lalu para ritel berhenti menjual daging sapi, karena harga yang sudah diatas Rp120 ribu perKg. Konsentrasi kedua adalah daging ayam potong, yang hanya dikuasai oleh dua perusahan besar sekitar 80 persen atau Rp360 triliun dari Rp450 trilliun,” kata Sarkawi saat diskusi di Gedung Keuangan Negara Jl Urip Sumoharjo, Jum’at (20/5/2016)

Terkhusus Bawang merah, Sarkawi menjelaskan sebagai salah satu produsen bawang merah Sulsel tak mengalami masalah. Saat ini ada surplus sekitar 1,2 juta ton, yang dibutuhkan hanya manajemen sirkulasi dan tidak perlu dilakukan impor.

Halaman:

BACA JUGA