(Foto: Pertemuan para Raja Sulawesi Selatan di Cikoang/Sabtu, 21 Mei 2016/Jaya Sahabuddin/GoSulsel.com)

Raja-Raja Sulawesi Selatan Bertemu di Cikoang Takalar

Sabtu, 21 Mei 2016 | 21:00 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Jaya Sahabuddin - GoSulsel.com

Takalar, GoSulsel.com — Beberapa Raja dari Kerajaan-Kerajaan yang ada di Sulawesi selatan menggelar pertemuan di Balla Lembang Adat Karaeng Laikang di Cikoang, Kabupaten Takalar, Sabtu (21/5). Pertemuan tersebut berlangsung dalam ajang Accera Kalompoang Karaeng Laikang.

Acara ini dihadiri oleh para raja di sulsel, yakni Raja Polongbangkeng Andi Makmur Andi Sadda, Raja Tello, Raja Bone, Raja Sanrobone, Raja Laikang, Raja Bangkala, dan Raja Mallawa Buulukumba, serta H.Natsir Ibrahim, Wakil Bupati Takalar mewakili pemerintah daerah Kabupaten Takalar.

pt-vale-indonesia

“Rangkaian Acara Accera Gaukang juga dirangkaikan dengan pemotongan kerbau di halaman Balla Lompoa laikang oleh masyarakat adat yang mengelilingi kerbau tersebut sebelum dipotong sebanyak 2×9 berarti sebanyak 18 kali yang berarti sebagai adat kerajaan Accera kakaraengang,” tutur M. Yunus Aidit, SH, Karaeng Sibali, ketua Lembaga Adat Karaeng Laikang.

Ia melanjutkan, bahwa Accera Gaukang Karaeng Laikang ini dipercaya sebagai sebuah ritual yang wajib dilaksanakan. Termasuk dengan mengundang para raja yang ada di Sulawesi selatan.

“Acara ini dipercaya sebagai acara ritual yang wajib dilaksanakan oleh masyarakat adat Laikang dan pertemuan para raja se sul-sel yang di lakukan di setiap saat,” pungkasnya.(*)