Konseling Pranikah Penting Untuk Mendidik Anak Kedepan

Rabu, 25 Mei 2016 | 14:27 Wita - Editor: Iin Nurfahraeni - Reporter: Aris Taoemesa - GoSulsel.com

Makassar,GoSulsel.com – Psikolog dari Universitas Negeri Makassar, Iyan Afriani mengungkapkan pentingnya konseling pranikah,sebelum memasuki memasuki rumah tangga sehingga nantinya tidak melalaikan tanggungjawabnya dalam mengasuh anak-anaknya.

“Premarital adalah salah satu cara untuk meningkatkan kesasdaran orang tua, untuk tidak melalaikan anak-anknya. Mereka akan dibina untuk saling memahami emosi pasangan masing-masing supaya mereka tahu cara menangani  anak,”kata Iyan, di Warkop Phoenam, Rabu (25/5/2016).

pt-vale-indonesia

Iyan menambahkan, dengan konseling ini maka tidak akan berdampak pada kasus kelalaian mendidik anak, atau menunjukkan tindakan yang tidak bagus dicontoh anak-anak.

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Makassar Tenri A Palallo menyebutkan maraknya pergaulan bebas dikalangan remaja ini disebabkan beberapa faktor, salah satunya kelalaian dari orang tua dalam mendidik.

Dia mencontohkan, kasus lampu merah dimana ada anak-anak terlantar dan diamankan polisi, orang tua seharusnya tahu bagaimana cara mendidik anak-anak mereka bukan melalaikan mereka.

“Orang tua ini datang untuk mengambil anak-anak mereka setelah diamankan, seharusnya tidak saya kasikan tapi mau diapa, mereka ini adalah orang tuanya Mereka juga tidak tahu apa itu lalai mendidik anaknya” ujarnya. (*)

 

 


BACA JUGA