Karya Ilmiah Dosen Kopertis IX Masih Minim

Minggu, 29 Mei 2016 | 13:02 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Citizen Reporter

Makassar, GoSulsel.com – Setiap dosen diwajibkan melakukan penelitian dan hasil penelitiannya dibuat dalam bentuk karya ilmiah, tetapi karya ilmiah para dosen di lingkungan Kopertis Wilayah IX Sulawesi tergolong masih minim.

Jumlah yang sedikit itu menjadi lebih kecil lagi jika dilihat dari karya ilmiah yang berhasil lolos seleksi untuk dimuat pada jurnal internasional, padahal Kopertis Wilayah IX Sulawesi senantiasa berupaya meningkatkan kemampuan para dosen dalam melakukan penelitian dan menulis karya ilmiah untuk dimuat pada jurnal internasional.

“Kami setiap tahun mengadakan pelatihan penelitian dan pelatihan pembuatan karya ilmiah untuk dimuat pada jurnal ilmiah, tapi tetap saja tidak banyak dosen yang melakukan penelitian untuk jurnal internasional. Kendala utamanya itu terutama bahasa (Inggris, red),” ungkap Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Prof Andi Niartiningsih, kepada wartawan pada Konferensi Internasional Metode Penelitian Manajemen dan Ilmu Sosial, di Hotel Quality Plaza, Makassar, Sabtu, 28 Mei 2016.

Sehubungan dengan itu, dia memberi apresiasi kepada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Lasharan Jaya Makassar yang bekerjasama International Foundation for Research & Development (IFRD/Yayasan Internasional untuk Penelitian & Pengembangan), mengadakan Konferensi Internasional Manajemen dan Ilmu Sosial, di Makassar.

“Kami mendorong para dosen Kopertis Wilayah IX Sulawesi untuk mengikuti kegiatan konferensi internasional seperti yang diadakan STIM Lasharan Jaya Makassar ini, agar mereka dapat berbagi pengalaman dengan para dosen dari mancanegara,” tutur Andi Niar, sapaan akrab Andi Niartiningsih. (*)


BACA JUGA