Sapi qurban yang disiapkan jelang Idul Adha.

Disnak Sulsel Jamin Stok Sapi Sulsel untuk 6 Bulan Kedepan

Rabu, 08 Juni 2016 | 11:39 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulsel menjamin ketersediaan stok daging sapi selama 6 bulan kedepan. Dengan populasi sapi di sebanyak 1,4 juta ekor, setidaknya sudah ada 70 ribu ekor sapi yang siap potong saat ini.

Kepala Disnak Sulsel, Abdul Azis mengatakan stok sapi siap potong ini tersebar di peternak. Ini akan menjamin ketersediaan daging mulai bulan Ramadhan sampai pelaksanaan Idul Adha nantinya.

pt-vale-indonesia

“Kalau stok sapi, kita sudah punya persiapan 6 bulan kedepan. Adapun daging impor, pedagang di Sulsel tak pernah membeli, kecuali untuk jeroang yang digunakan untuk coto,” kata Azis, kepada Go Cakrawala, Rabu, 8 Juni.

Terkait konsumsi daging sapi, Azis mengakui untuk Sulsel cukup tinggi dan berada di atas nasional. Dimana secara nasional konsumsi daging hanya 2,57 kg pertahun, sementara Sulsel sudah melebihi 4 kg pertahun.

Berdasarkan data Disnak, tahun lalu jumlah kebutuhan sapi di Sulsel mencapai 120 ribu ekor. Tahun ini, angka kebutuhan daging dipastikan akan mengalami peningkatan, seiring dengan kesejahteraan masyarakat.

Halaman:

BACA JUGA