Lebaran 2016: Ini Jadwal Sidang Isbat 1 Syawal 1437 Hijriah

Selasa, 28 Juni 2016 | 13:43 Wita - Editor: Irwan Idris -

Jakarta, GoSulsel.com  — Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia rencana menggelar sidang isbat pada Senin, 4 Juli 2016, pekan depan. Sidang isbat dilakukan untuk menetapkan hari raya Idulfitri 1 Syawal 1437H, sekaligus menetapkan berakhirnya bulan puasa.

“Sidang isbat awal Syawal tahun ini akan dilaksanakan pada Senin, 4 Juli 2016 M di Auditorium HM. Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jl. MH. Thamrin No. 6, Jakarta,” demikian penjelasan Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais-Binsyar) Muhammad Thambrin di Jakarta, Senin (27/06) sebagaiman dikutipkemenag.go.id

pt-vale-indonesia

Proses sidang akan dimulai pada pukul 17.00 WIB, diawali dengan pemaparan dari Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal menjelang awal Syawal 1437H.

Lebih lanjut Thambrin menuturkan, bahwa sidang isbat merupakan wujud dari kebersamaan Kementerian Agama selaku pemerintah denga Ormas Islam agar hasil dari sidang bisa dilaksanakan bersama-sama.

“Sidang isbat merupakan wujud kebersamaan Kementerian Agama selaku pemerintah dengan Ormas Islam dan instansi terkait dalam mengambil keputusan, yang hasilnya diharapkan dapat dilaksanakan bersama,” ungkapnya.

Hasil sidang isbat penetapan 1 Syawal tersebut akan dilakukan tertutup, seperti sidang isbat di awal Ramadhan. Namun, hasilnya akan disampaikan kepada masyarakat setelah sidang selesai.

“Sidangnya tertutup, sebagaimana itsbat awal Ramadan. Hasilnya disampaikan secara terbuka dalam konferensi pers setelah sidang,” tambahnya.

Halaman: