Waspada, Modus Kejahatan Pecah Kaca Mobil di Makassar Marak

Kamis, 21 Juli 2016 | 16:11 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Muhammad Dahlan - Gosulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Kepala Polrestabes Makassar, Kombes Pol Rusdi Hartono mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap kejahatan dengan modus pecah kaca mobil. Pasalnya, modus tersebut banyak digunakan para pelaku kejahatan untuk mencuri.

“Saya mengingatkan lagi kepada masyarakat kota makassar, agar kiranya tetap waspada dan berhati-hati terhadap kejahatan modus pecah kaca,” kata Rusdi Hartono, saat ditemui diruangannya, Kamis (21/7/2016).

pt-vale-indonesia

Dia mengatakan saat ini mobil tak lagi memakai karet kaca, dan bukan berarti barang-barang di dalam kendaraan aman. Untuk menjalankan modus tersebut, pelaku tak menggunakan benda tumpul maupun tajam untuk memecah kaca mobil melainkan dengan pecahan keramik busi.

“Ketika remah busi dilemparkan ke kaca samping mobil, beberapa detik langsung pecah. Keramik busi atau insulator berwarna putih menjadi salah satu bagian utama, selain katoda dan anoda,” jelasnya.

“Keramik yang kecil itu bisa menghancurkan kaca. Karena Aluminium oxide ceramic punya tingkat kekerasan yang disebut Skala Mohs,” tambahnya.(*)


BACA JUGA