Christina Maria Rantenata Jendral Pertama Wanita Asal Toraja Tutup Usia, Minggu (31/7/2016), Foto: internet
#

Danlantamal: Prosesi Pemakaman Laksda TNI Kristina Sesuaikan Adat Toraja

Rabu, 03 Agustus 2016 | 13:55 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Citizen Reporter

Makassar,GoSulsel.com – Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Makassar Laksamana Pertama TNI Yusup, bertemu dengan Tokoh Tana Toraja Tarsis Kodrat dan Perwakilan Keluarga Almarhumah Laksda TNI (Purn) Kristina Rantetana Bpk Kornelius di Mako Lantamal VI. Selasa (2/8/2018)

Dalam pertemuan ini Lantamal VI dan Pihak perwakilan keluarga saling berkoordinasi tentang rencana Waktu kedatangan Jenazah, proses penyambutan sampai dengan pemakaman. Tahap demi tahap dibahas termasuk sarana pendukungnya. Selain itu dalam pertemuan ini yang tidak kalah pentingnya tentang proses pemakaman sesuai adat Toraja yang mana kita ketahui bahwa orang Toraja dikenal sangat memegang teguh adat istiadatnya khususnya dalam hal prosesi pemakaman.

pt-vale-indonesia

Danlantamal VI menyambut baik kedatangan perwakilan keluarga Almarhumah dan menyampaikan bahwa Lantamal VI Makassar siap melancarkan seluruh proses pemakaman beliau “Lantamal VI adalah perpanjangan tangan TNI AL di Sulawesi Selatan oleh karena itu Wajib Hukumnya bagi Lantamal VI untuk membantu secara penuh prosesi pemakamannya, Wanita pertama di Asean yang dianugerahi bintang dua ini telah mendedikasikan lebih banyak waktunya untuk TNI AL.

Almarhumah salah satu prajurit Wanita terbaik yang pernah dimiliki TNI AL dengan segudang prestasi. Mengenai adat istiadat Toraja dalam adat upacara Jenazah, pihak Lantamal VI akan menyesuaikan. Jadi bukan masalah, untuk upacara militer pemakaman kita menyesuaikan tanpa mengurangi makna upacara tersebut” ujarnya meyakinkan kepada perwakilan Keluarga Almarhumah.

Pihak keluarga menyampaikan sangat berterimakasih kepada Danlantamal VI atas bantuannya ” Kami mewakili Almarhumah dan seluruh masyarakat Tana Toraja mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada Danlantamal VI, sekarang kami sudah tenang karena semua yang kami kuatirkan sudah mendapat penjalasan dari komandan Lantamal VI” tutur Bpk Tarsis Kodrat mantan bupati Tana Toraja ini.

Halaman:

BACA JUGA