(FOTO: Jembatan penghubung Pulau kanalo 1 dan Kanalo 2. Lokasinya terdapat di Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai. Jembatan ini banyak dimanfaatkan para pelancong untuk mengabadikan Sunrise ataupun Sunset/Sumber: Sinjai.info)

Rencana Traveling ke Sinjai? 10 Tempat Ini Jangan Sampai Tak Dikunjungi

Kamis, 04 Agustus 2016 | 15:43 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

  1. Ujung Kupang

Nama Kupang mengingatkan kita sebuah nama wilayah bagian tengah Indonesia, namun apa kaitannya dengan Ujung Kupang ini? Menurut sejarah, pada waktu penjajahan Jepang, Tanjung jazirah di bagian Timur laut kota Sinjai ini dijadikan sebagai pelabuhan oleh masyarakat Kupang yang melintas ke daerah Sulawesi. Dimana saat itu sangatlah susah mencari kawasan pelabuhan untuk menjalin hubungan antara Sulawesi dengan pulau bagian tengah Indonesia lainnya.

Jejak sejarah pelabuhan di kawasan ini masih ada, seperti batu karang atau batu cadas di pinggir laut merupakan bekas pelabuhan Duku. Jarak tempuh sekitar 15 km dari pusat kota Sinjai dengan memakai transportasi darat maupun laut anda sudah dapat menikmati keindahan panorama ini.

pt-vale-indonesia

Saat ini, Ujung Kupang menjadi sebuah eksotisme alam yang tinggi, di mana hamparan laut dan keindahan Pulau Sembilan dapat teramati dari tempat ini. Keindahan panorama alam ini tak luput dari sebuah bentukan alam yang natural. Letaknya yang strategis menghadap Teluk Bone (bagian tenggara) dan laut Sulawesi (bagian selatan) membuat kawasan ini sangat berpotensi untuk dijamah.

Dengan pantai pasir putih yang bisa kawan traveliner dapati selain dari Pulau Sembilan, lokasi inipun tak kalah cantiknya, karena bersebelahan dengan obyek wisata hutan Bakau Tongke-tongke serta Pulau-pulau Sembilan.

Halaman: