#

Perpustakaan Kapal Lantamal VI Bantu Anak di Pulau Terpencil

Jumat, 12 Agustus 2016 | 13:37 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Citizen Reporter

Dengan tujuan sebagai sarana guna memberikan bantuan pendidikan dan pelatihan bagi anak-anak usia sekolah yang tinggal di pulau-pulau terpencil/terluar maupun di wilayah pesisir yang sulit terjangkau, dan belum mendapatkan kesempatan belajar karena keterbatasan fasilitas pendidikan yang tersedia.

Sebagai perpustakaan bergerak, kapal ini dilengkapi dengan berbagai macam buku-buku pengetahuan dan pelajaran untuk anak-anak usia sekolah, alat peraga, dan perangkat Information technology (IT) yang terkoneksi dengan jaringan internet. Selain itu, kapal ini juga dapat difungsikan sebagai alat transportasi oleh dokter/bidan untuk menyinggahi pasien di daerah-daerah terpencil.

Kal Pintar BNI 1 Lantamal VI seiring dengan kondisi masyarakat pulau, saat melaksanakan tugasnya sebagai kapal perpustakaan, juga sering digunakan untuk Baksos di pulau sekaligus melayani anak anak di pulau tersebut. ” Kapal pintar BNI 1 Lantamal VI ini multi fungsi.

Saat melaksanakan kegiatan seperti baksos Kapal ini berfungai sebagai kapal transportasi untuk personel dan barang, setelah sampai di pulau sasaran penumpangnya turun melaksanakan baksos dan Kal pintar inipun dibanjiri anak anak di pulau tersebut untuk membaca dan bermain. Jadi satu kali mendayung dua,tiga pulau terlampaui” terang Caya Komandan Kal Pintar.

Kal pintar BNI 1 Lantamal VI, tidak hanya bergiat di pulau tapi saat Sandar di Dermaga Layang Lantamal VI pun selalu ramai dikunjungi oleh Anak-anak sekolah PAUD, TK dan SD yang ada di kota Makassar. Mereka melaksanakan program sekolahnya yaitu Field Trip pengenalan transportasi laut. (*)
Citizen Reporter: Kadispen Lantamal VI – Kapten Laut (KH) Suparman Sulo

Halaman: