5 Cara Perbanyak Buku Menarik di Sekolah Tanpa Gunakan Dana BOS

Kamis, 25 Agustus 2016 | 14:15 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Muhammad Seilessy - GoSulsel.com

“Kami pernah melakukan semacam ini, dan koleksi buku semakin banyak karena banyak orang tua tidak lagi mau mengambil buku-bukunya,“ ujar ibu Agusniati, mantan kepala sekolah SDN Kompleks IKIP Makassar.

Kedua: meminta alumni untuk menyumbangkan buku. Banyak sekolah  meminta siswa  sebelum pergi lulus dari sekolah, menyumbangkan buku untuk adik-adiknya. Bisa buku bekas atau buku baru. Bisa dua sampai tiga buku.

“Koleksi buku kami bertambah kurang  60 buah lebih tiap tahun, karena program seperti ini,” ujar ibu Siswati, guru SDN 5 Ballo Takalar Sulsel.

Ketiga : hadiah ulang tahun siswa. Hadiah ulang tahun siswa tidak lagi harus berbentuk kue, baju atau lainnya. Untuk menggerakkan program literasi, hadiah ulang tahun semestinya berbentuk buku. Hadiah itu diberikan orang tua siswa di sekolah di hadapan teman-teman satu kelasnya.

Buku hadiah tersebut tetap punya siswa yang berulang tahun, namun diberikan identitas dan diletakkan di sudut baca, atau taman baca sehingga siswa lain bisa ikut membacanya. “Buku-buku yang dibeli dan diberikan oleh orang tua kepada anak-anaknya adalah buku buku yang menarik dan sesuai dengan usia siswa,” ujar Debby, guru SDN 102 Makale 5 Tana Toraja yang telah melakukan ini.

Halaman: