5 Cara Perbanyak Buku Menarik di Sekolah Tanpa Gunakan Dana BOS

Kamis, 25 Agustus 2016 | 14:15 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Muhammad Seilessy - GoSulsel.com

Keempat: siswa membuat perpustakaan mini sendiri. Para siswa tiap kelas dibentuk kelompok terdiri dari 5 -7 orang. Masing-masing diminta membuat rak kecil sendiri dari bahan-bahan bekas. Bisa dari karton, dari triplek, atau apa saja. Mereka juga diminta mengisi rak mini tersebut dengan buku-buku dari rumah mereka sendiri yang sudah mereka berikan identitas.

Mereka mengelola perpustakaan mini kelompok itu dan menawarkan koleksi bukunya kepada kelompok lain. “Buku-buku yang mereka bawa sangat menarik, karena buku-buku yang mereka suka,” ujar Alphian Sahruddin, guru SD Kompleks IKIP I Makassar yang telah menerapkan hal ini.

Kelima: membuat proposal permintaan buku ke toko buku, instansi pemerintah, perpustakaan dan perusahaan-perusahaan. “Saya pernah melakukan ini. Semua dinas ternyata memberikan buku yang bagus yang kadang sesuai dengan bidang yang dikerjakan. Misalnya pertanian, banyak memberikan buku pertanian.

Toko buku pun banyak memberikan buku-buku menarik yang biasa sudah tidak terjual,” ujar Mustajib, Communication Specialist USAID PRIORITAS yang pernah mendirikan perpustakan desa di salah satu desa di Bone, Sulawesi Selatan.(*)

Halaman: